Ilustrasi. (Foto: dok.inapex)

 

TANGERANG, INAPEX.co.id – Ada kabar gembira bagi masyarakat berpenghasilan rendah ( MBR) yang hingga ujung tahun 2017 belum juga mendapatkan rumah karena dengan berbagai pertimbangan.

PT Ciputra Residence yang merupakan anak perusahaan Ciputra Group melalui Direktur PT Ciputra Residence, Mary Octo Sihombing, mengatakan dengan adanya Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) atau di sebut subsidi dari pemerintah, akan segera membangun hunian murah dengan harga per unit nya hanya berkisar Rp 140 jutaan.

“Rumah FLPP ini akan di lansir mulai tahun depan di Citra Maja Raya, Lebak, Banten. FLPP akan kami luncurkan tahun depan 1.000 unit,” ujar Mary Octo Sihombing, belum lama ini.

Citra Maja Raya, menurut Octo, dalam membangun perumahan sebenarnya sudah menyasar kepada MBR sejak lama dengan harga yang sangat terjangkau, yakni kisaran harga Rp 100 jutaan.namun para MBR dalam membeli rumah itu memakai bungan perbankan yang komersial.

Selain itu, lanjut Octo, dalam pembangunan perumahan bagi MBR, Ciputra  selalu mengutamakan kesiapan infrastrutur yang memadai. Sehingga harap di makhlum kalau ada keterlambatan dalam pembangunan Perumahan bagi MBR.

Hal senada juga diucapkan General Manager Marketing Citra Maja Raya, Yance Onggo. Menurut Yance, MBR tidak boleh menunggu terlalu lama ketika mereka berniat membeli hunian rumah.

“Mereka tidak bisa lagi menunggu rumahnya dibangun 6 bulan, 1 tahun. Beda dengan yang non MBR, rumahnya bisa inden. Sehingga, saat MBR sudah siap membeli, rumah tersebut harus bisa langsung ditempati,” tutur Yance.

Selain membangun rumah subsidi, di kawasan tersebut juga akan dibangun pasar modern, sport club, eco park, water park, dan theme park.

Selanjutnya, sebagai fasilitas publik, Ciputra akan menambah sekolah untuk melengkapi SD dan SMP yang sudah ada.

Citra Maja Raya sendiri memiliki total luas lahan 2.000 hektar. Dari total tersebut, lahan sudah dikembangkan seluas 730 hektar untuk 21 klaster.

Sementara itu, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementrian PUPR), tengah menyiapkan situs interaktif resmi yang dapat memberi informasi tentang perumahan.

Hal ini di tegaskan Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Lana Winayanti. Menurut Lana, pembuatan situs ini untuk menjawab kebutuhan masyarakat MBR terkait pengadaan rumah murah di Indonesia yang bisa di akses dengan Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR-FLPP).

“Memang salah satu kendala perumahan itu masyarakat sering bertanya KPR FLPP itu di mana. Jadi penting sekali kalau ada ketersediaan informasi. Selain itu, situs ini menampilkan informasi perumahan murah bersubsidi dan juga tentang kebijakan-kebijakan perumahan dan studi perumahan secara umum,” ujar Lana, di Jakarta.