Daftar Gerbang Tol Gratis Selama Arus Mudik Lebaran 2017
Daftar Gerbang Tol Gratis (Foto: rayapos)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Beberapa ruas Jalan Tol Trans-Jawa akan digunakan sementara selama mudik dan balik Lebaran 2017. Ruas ini nantinya akan dibebaskan dari biaya alias gratis.

“Kalau yang dikenakan tarif hanya yang sudah dioperasikan,” imbuh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna di Galeri Nasional Jakarta, baru-baru ini.

Ruas- ruas Tol Trans-Jawa yang akan digratiskan ialah sebagai berikut:

  1. Ruas Tol Brebes Timur hingga Weleri. Ruas ini terdiri atas Brebes Timur-Pemalang, meliputi Seksi 3 Brebes Timur-Tegal dan Seksi 4 Tegal-Pemalang.
  2. Selanjutnya, ruas Tol Pemalang-Batang yang terdiri atas Seksi 1 Pemalang-Pekalongan dan Seksi 2 Pekalongan-Batang.
  3. Kemudian, ruas Tol Batang-Semarang yang baru saja rampung sampai Weleri, terdiri atas Seksi 1 Batang-Batang Timur dan Seksi 2 Batang Timur-Weleri.
  4. Ruas Tol Semarang-Solo yakni Seksi 3 Bawen-Salatiga.
  5. Ruas Tol Solo-Ngawi diantaranya Kertosuro-Karanganya, Karanganya-Sragen, Sragen-Mantingan dan Mantingan-Widodaren.
  6. Ruas Tol Ngawi-Kertosono, Kertosono-Mojokerto, Mojokerto-Surabaya dan Gempol-Pasuruan.

Penutupan GT Cimanggis Utama dan GT Cibubur Utama

Rencana penonaktifan Gerbang Tol Cibubur Utama dan Cimanggis Utama di Tol Jagorawi, telah ditemukan solusinya.

Gerbang tol yang selalu menjadi biangnya kemacetan untuk pengguna jalan tol itu tidak lagi difungsikan pada pertengahan bulan Juni 2017.

Insya Allah bulan ini, kita rencanakan pada tanggal 18 Juni,” jelas Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna saat diskusi di Galeri Nasional Jakarta, baru-baru ini.

Kendati tidak lagi berfungsi, ia menuturkan bahwa tidak serta merta kedua gerbang tol langsung dibongkar. Hanya, transaksi masyarakat yang biasa dilakukan di kedua gerbang ini sudah tidak ada lagi.

“Tapi kita akan lihat lagi, sebelum terjadi kemacetan di ujung-ujungnya,” papar dia.

Dengan adanya sistem baru ini, waktu transaksi diprediksi akan lebih efisien. Karena, masyarakat yang sebelumnya mesti melakukan dua kali transaksi, sekarang cukup sekali transaksi.

Bagi pengguna jalan tol dari arah Jakarta menuju Ciawi akan membayar tol di akses keluar atau off ramp, sedangkan pengguna jalan tol dari arah Ciawi menuju Jakarta akan membayar di akses masuk atau on ramp.

Adapun untuk tarif yang dibebankan kepada masyarakat dengan pemberlakukan itu, sampai saat ini belum ditetapkan.