Cuma 30 Menit, Cara Efektif Ini Bikin Puasa Tidak Lemas
Ilustrasi (Foto: maybusch)

 

INAPEX.co.id – Umumnya, melakukan pekerjaan rumah secara terburu-buru adalah salah satu alasan puasa yang Anda jalankan cepat lemas dan sangat mengantuk. Pasalnya saat bulan puasa, waktu seolah makin sedikit sehingga kesibukan pagi hari terasa menumpuk.

Padahal jika menyisihkan waktu 30 menit sebelum tidur atau sebelum sahur untuk menyiapkan perlengkapan besok dapat membuat pagi hari jadi lebih tenang dan terorganisir. Berikut ini daftar hal yang dapat Anda lakukan;

1. Tempat Cuci Piring yang Bersih

Periksa tempat cuci piring sebelum tidur dan setelah sahur, jika masih ada yang kotor cucilah dulu.

Agar saat bangun di pagi hari sudah bersih dan lebih santai, sebab perlengkapan makan kotor merupakan cucian yang paling terlihat kotor.

2. Pakaian untuk Besok

Memilih pakaian yang hendak digunakan juga dapat menghemat waktu Anda di pagi hari. Banyak orang yang menghabiskan waktu berlama-lama di depan lemari karena bingung memilih pakaian.

Gantungkan pakaian di tempat yang mudah terlihat mulai dari atasan, bawahan, sepatu hingga tas.

3. Siapkan Tas dan Seragam Anak

Bila mempunyai anak-anak yang bersekolah, tentu saja merasakan bagaimana pagi hari terasa cepat dan Anda akan berusaha supaya anak tak terlambat tiba di sekolah.

Biasakan anak Anda ikut menyiapkan semua perlengkapannya di malam hari sebelum tidur, seperti buku yang akan dipelajari besok, seragam yang dikenakan serta merencanakan bekal apa yang akan dibawanya.

4. Siapkan Bekal

Membawa bekal memang kebiasaan baik, Anda juga bisa berhemat sekaligus menerapkan gaya hidup sehat. Di bulan puasa ini mungkin Anda tak membawa bekal makan siang ke kantor, namun anak-anak yang belum berpuasa atau puasa setengah hari tentu masih membawanya.

Siapkan bekal untuk mereka ke sekolah bersamaan dengan lauk untuk sahur sebelum tidur sehingga keesokan harinya hanya memanaskan atau memasaknya.

5. Minum Segelas Air

Minum air sebelum tidur mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya ialah membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta menjaga untuk tak dehidrasi saat tidur di malam hari. Terlebih di bulan puasa di mana tubuh Anda sangat kurang asupan air.

Selain itu, minum segelas air ketika bangun tidur diyakini bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih bugar dan bersemangat sebab air bisa menstabilkan suhu di dalam tubuh.

6. Bersihkan Pikiran

Tidur nyenyak sangat berpengaruh pada pagi hari Anda. Apakah Anda sering merasa susah tidur di malam hari atau bahkan selalu tidur larut malam?

Biasakan untuk membersihkan pikiran menjelang tidur, salah satu cara dengan menuliskan daftar atau catatan hal-hal yang perlu Anda lakukan di keesokan hari, minggu ini, atau bulan ini. Anda tak perlu melakukannya setiap malam, hanya ketika merasa susah tidur karena memikirkan hari esok. Selamat mencoba!