Ilustrasi. (Foto: dron DCKTRP)

JAKARTA, INAPEX.co.idDinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertahanan (CKTRP) Provinsi DKI Jakarta menggelar forum diskusi bertajuk Trend Market Property.

Forum diskusi tersebut melibatkan beberapa pejabat pemangku kepentingan dan masyarakat, baik akademisi, ahli perencanaan kota, hingga para pengusaha.

“Ide pembangunan kota juga bisa berasal dari masyarakat,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas CKTRP DKI Jakarta, Heru Hermawanto, di Kantor Dinas CKTRP, Kompleks Dinas Teknis, Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Menurutnya, melalui diskusi itu diharapkan akan lebih banyak lahir ide, gagasan, dan masukan untuk membangunan Jakarta dengan pendekatan kolaboratif.

Tema perkembangan tren pasar properti, masih dikatakan Heru, dipilih untuk mengetahui potensi perubahan kota dalam beberapa tahun ke depan.

“Tidak hanya berkaitan dengan tingkat hunian atau okupansi, tapi juga daya beli masyarakat, serta ketersediaan infrastruktur yang sesuai dengan karakter kawasan,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Heru, poin-poin dalam forum diskusi tersebut menjadi modal pemerintah untuk meninjau kembali dan merevisi Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi.

“Kita ingin menciptakan hasil revisi regulasi yang sejalan dengan perkembangan kota. Ide pembangunan kota juga bisa berasal dari masyarakat,” ujarnya.

Heru mengatakan, keterlibatan masyarakat akan meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas kebijakan penataan ruang yang akan dibuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

“Pola itu juga menciptakan keikutsertaan publik dalam memantau dan mengawasi pelaksanaan rencana detail tata ruang,” pungkasnya.