Ilustrasi. (Foto: dok.inapex)

 

BANTEN, INAPEX.co.id – Ciputra Group sedang membangun sedikitnya 1000 unit rumah subsidi di Kabupaten Lebak, Banten, yang dikembangkan diatas lahan 2000 hektar.

Proyek pembangunan dari total keseluruhan 10.000 unit rumah yang dilakukan secara bertahap tersebut 8.000 unit rumah merupakan khusus masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) non subsidi yang harganya dibandrol Rp 200 jutaan ke bawah, sedangkan selebihnya untuk bangunan komersial.

Direktur Ciputra Residance Mary Octo Sihombing membenarkan, pada tahun depan akan dibangun 1.000 unit rumah subsidi dengan skema fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) khusus MBR. Proyek hunian ini, dipastikan menggunakan skema yang telah ditetapkan pemerintah, dalam hal ini uang muka (DP) sebesar 1% dengan bunga 5% sampai lunas.

“Masih sesuai program pemerintah tentang KPR subsidi, kita ikuti program yang ada nanti di tahun 2018, yang pasti itu KPR subsidi untuk MBR,” kata Octo di Kota Baru Maja, Lebak, baru-baru ini.

Saat ini, masih dikatakan Octo, Ciputra Group masih memproses pematangan tanah dan infrastruktur penunjang lainnya. Namun, dirinya memastikan, 1.000 unit rumah subsidi dengan tipe 27/60 dan 22/60 ini akan dipasarkan pada tahun depan. “Nanti di tahun 2018, sekarang lagi pekerjaan pematangan tanah dan infrastrukturnya,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan Octo, infrastruktur transportasi yang bisa dimanfaatkan masyarakat menuju kota baru Maja ini yang paling ideal dan cepat adalah kereta listrik (KRL) Jabodetabek. Kendati terdapat jalan provinsi yang sudah ada.

Octo menambahkan, setidaknya Jakarta menuju Maja bisa diakses selama 1 jam 30 menit dari Stasiun Tanah Abang ke Stasiun Maja.

“Akses yang bisa dinikmati jalan provinsi yang sudah ada, lalu renana jalan nasional Pamulang-Rangkas Bitung, dan kereta api commuter line,” pungkasnya.

Secara terpisah, hunian Type 42/78 Graha Aquila, bisa di cicil hanya Rp.3 jutaan dengan tenor 20 tahun. Tak cuma itu, untuk menuju lokasi Graha Aquila juga bisa ditempuh dalam waktu 15 menit menuju ke Kawasan Bumi Serpong Damai (BSD).

Harga spesial itu ditawarkan khusus Type Kartika Graha Aquila yang dikembangkan PT. Graha Aquila Propertindo berlokasi di Jl. Intan I No.70, Cidokom, Cidoko, Gunung Sendur Bogor Jawa Barat.

“Kami tawarkan beragam jenis pilihan hunian di Graha Aquila diantaranya seperti, type A Kartika 42/78, type B Cakra 36/66, dan type C Standard 32/60,” jelas Puspita Rini Staf Pemasaran Graha Aquila.

Lebih lanjut dikatakan Rini, harga jual unit di Graha Aquila tersebut belum termasuk biaya proses KPR, BPHTB dan AJB BBN. “Tapi khusus edisi ini kami menawarkan gratis bonus mesin pompa jet pomp, serta fasilitas daya listrik 1300 Watt,” tambah Rini.