Ciputat Menjadi Kawasan Favorit Kalangan Milenial
Ciputat, Kawasan Favorit Kalangan Milenial (Foto: dok.inapex)

 

TANGSEL, INAPEX.co.id, – Ciputat, Tangerang Selatan, menjadi kawasan favorit properti bagi kalangan milenial di selatan Jakarta. Kawasan tersebut terus berkembang sebab letaknya berbatasan langsung dengan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, yang akan menjadi stasiun dan depo besar MRT (mass rapit transit).

Jauh sebelum ada proyek transportasi massal ini Ciputat telah lama menjadi salah satu kantong hunian kaum menengah sebab lokasinya dekat dengan Jakarta Selatan. Menuju tol JORR Ulujami-Taman Mini, kawasan elit Pondok Indah, dan sejumlah fasilitas di sepanjang Jl RA Kartini-TB Simatupang hanya 20-30 menit.

Properti yang dikembangkan condong berupa mini realestat dan apartemen. Menariknya, kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, di kawasan yang berbatasan dengan Lebak Bulus ini harga propertinya sangat terjangkau.

Lima apartemen yang dikembangkan menawarkan hunian seharga Rp.200-500 juta, yakni The Spring, Green Lake View, City Light, Baley’s City, Ciputat Resort. Sebagian telah rampung dibangun, beberapa lainnya dalam pembangunan yaitu The Spring yang telah menyelesaikan pondasi dan langsung menginjak pembangunan struktur atas.

Presdir PT Gading Development Tbk, Budiawan Lebar, pengembang The Spring yang dibangun di atas lahan 2,3 ha meliputi 4 tower ini membenarkan bahwa Ciputat sekarang memang menjadi kawasan favorit keluarga muda dan kaum milenial di selatan Jakarta.

Tidak hanya letaknya sangat dekat dengan MRT Lebak Bulus, harganya juga sangat terjangkau. Di lokasi-lokasi yang lebih dekat dengan Lebak Bulus dan koridor TB Simatupang harga propertinya hingga 3-4 kali Ciputat.

Saat ini harga apartemen di koridor sekitar Rp.37-45 juta/m2. Misalnya Apartemen Izzara, Branz Simatupang, Antasari 45, dan Fatmawati City Center (FCC).

Sedikit lebih murah Lexington Residence di Jl Raya Deplu Pondok Pinang dan The Aspen di Jl RS Fatmawati, Pondok Labu, hanya Rp.22,5 juta/m2 dan Rp.28 juta/m2.

“Nanti kalau MRT beroperasi Ciputat cukup ideal dijadikan hunian mereka yang berkantor di pusat bisnis Jakarta khususnya Jl Jend Sudirman. Dari Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia ditempuh hanya 30 menit berhenti di 13 stasiun,” jelas Budi.

“Menggunakan MRT dari Ciputat ke Jl Jend Sudirman kurang lebih satu jam, kami juga akan menyediakan shuttle ke Lebak Bulus,” lanjut Budi. Adapula bus Transjakarta rute Ciputat-Pasar Jumat/Lebak Bulus-Bundaran HI melewati Pondok Indah.

Budi menuturkan, The Spring yang dibangun di lahan 2,3 hektar terdiri 4 tower sebanyak 2.500 unit. Tower pertama (Spring Wood/795 unit), mayoritas tipe Studio/22 m2 dibanderol Rp.299 juta (tunai).

Apartemen tersebut juga akan dilengkapi tempat kuliner dan gedung parkir. Untuk rumah tapak rata-rata harganya lebih dari Rp.1 miliar, cukup tinggi tapi masih jauh lebih murah dibanding hunian sekelasnya di Jakarta Selatan.