China Berhasil Bangun Rumah Murah Rp.133 Juta
Dalam Pluginj House (Foto: designboom)

INAPEX.co.id, – Barang-barang murah dari China pada umumnya jadi bahan olok-olok. Namun saat salah satu perusahaan Negeri Tirai Bambu tersebut sukses memproduksi satu rumah hanya dengan biaya 10.000 dollar AS atau Rp.133 juta, olok-olokan tersebut akan hilang dengan sendirinya.

China’s People’s Architecture Office (PAO) belum lama ini berhasil membangun rumah prefabrikasi untuk pertama kalinya untuk pembeli yang bernama “Nona Fan.”

Rumah yang dikenal sebagai Plugin House tersebut terdiri dari rangkaian panel-panel prefab yang ditata di lokasi pembuatan rumah oleh sejumlah pekerja. Merek hanya memakai kunci hex atau enam dalam jangka waktu beberapa jam saja.

Rumah tersebut diklaim PAO cukup mudah disusun bahkan dengan hanya kemampuan tim yang sedikit. Waktu yang diperlukan untuk membangun juga sangat singkat, kurang dari 24 jam.

Tidak hanya unik jika dibandingkan dengan rumah prefab pada umumnya, Plugin House juga mendobrak kebiasaan sebab strukturnya memperluas bangunan yang telah ada.

Pasalnya, pemilik rumah merupakan seorang wanita muda yang ingin tinggal di halaman rumah orang tuanya, namun struktur yang ada telah rusak.

Dengan menghancurkan sebagian besar bangunan tersebut dan menginstal rumah prefab sebagai perluasan, PAO memperlihatkan bahwa rumah prefab tidak hanya murah dan mudah dibangun, namun juga bisa dipakai dalam berbagai situasi.

China Berhasil Bangun Rumah Murah Rp.133 Juta
Plugin House (Foto: designboom)

Ukurannya memang terbilang kecil sebab luas hanya 27,87 meter persegi, namun PAO menuturkan hal tersebut lebih luas dibandingkan unit-unit apartemen di Beijing yang harganya 30 kali lipat dari rumah prefab.

Walaupun berukuran minimalis, Plugin House mempunyai ruang tamu ganda tinggi dan dapur luas yang bisa mengubah struktur jadi sebuah rumah sederhana.

Terdapat jendela kaca besar agar sinar matahari bisa masuk dan mampu mengurangi kebutuhan pencahayaan buatan. Pasalnya, daerah rumahnya tak mempunyai skema pembuangan limbah, Plugin House juga lengkap dengan toilet kompos dan kamar mandi.

Ada pula sebuah dek atap untuk menambah ruang yang bisa dipakai dan menyajikan pemandangan kota di kejauhan.

Selain itu, pada kesempatan berbeda, China Communicationas and Construction Group (CCCG) lewat anak perusahaannya PT China Harbour Jakarta Real Estate Development secara resmi memasarkan apartemen murah di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat.

Apartemen bernama Daan Mogot City (Damoci) tersebut langsung terjual 300 unit dari total 411 unit. Artinya sebanyak 75 persen sudah terjual dalam satu hari.

GM Sales Marketing China Harbour Jakarta Real Estate Development Ferry Thahir menuturkan bahwa pasar properti Indonesia begitu kuat dan potensial.

“Kami menganggap ke depan peluangnya akan lebih besar. Untuk itu, kami termotivasi untuk segera merealisasikan pembangunan Damoci,” tambah Ferry dalam keterangan tertulis yang diterima pers.

Damoci memasarkan dengan harga perdana mulai dari Rp.300 jutaan atau Rp.15 juta per meter persegi untuk luas terkecil (studio) 25 m2 – 26 m2.

(kps)