Cegah Maling Masuk, Buat Rumah Anda Tak Menarik
Jangan Sampai Seperti Ini, Maling Masuk Rumah Anda (Foto: domain)

INAPEX.co.id, – Hal yang paling tak diinginkan semua orang adalah kehadiran seseorang yang masuk dan merampok rumah.

Penyusup rumah begitu menakutkan bahkan hanya dibayangkan saja, namun menghabiskan beberapa menit waktu untuk memahami dan memperbaiki rumah yang rentan untuk membantu mengurangi risiko.

Berikut ini adalah sembilan hal yang bisa membuat rumah Anda tak menarik bagi pencuri.

1. Poles pintu depan

Pintu depan merupakan posisi pertama yang pencuri lihat. Pintu depan yang nampak rusak membuat rumah Anda jadi sasaran empuk.

Bila pintu bersih dan dicat dengan baik, akan memberikan kesan bahwa seluruh rumah juga terawat dan susah untuk diterobos.

2. Menambah gembok

Pencuri akan menyesuaikan jenis kunci apa yang mesti dipakai untuk masuk ke dalam rumah.

Saat pencuri melihat pemilik rumah hanya menggunakan kunci silinder standar, akan sangat mungkin bagi mereka untuk masuk dibandingkan jika ada gembok lebih.

Artinya, kunci dua kali lipat membuat pintu Anda secara fisik nampak sulit untuk ditembus dan rumah juga jadi kurang menarik untuk pencuri.

3. Menyingkirkan sampah

Kotak, plastik, kertas, dan tas seperti iklan untuk pencuri untuk mengambil barang-barang berharga di dalam rumah.

Cegah pencuri bersemangat untuk masuk dengan membuang langsung kotak TV layar datar baru Anda.

4. Eksterior gelap

Pencuri tak suka mengambil risiko yang membuat mereka mudah terlihat orang lain. Jadi, saat Anda menambah cahaya di sekitar rumah, khususnya memakai sensor gerak aktif dan lampu eksterior dasar, Anda sudah membuat penghalang di sekitar rumah.

Beri perhatian khusus untuk daerah rawan seperti pintu depan dan belakang, dan jalan setapak.

5. Mulai menyukai tanaman

Jika tanaman terletak di bawah jendela, semak-semak yang tak hanya cantik, namun bisa jadi penghalang untuk pencuri naik ke jendela.

Pencuri pun terhalang oleh beberapa jenis tanaman hijau berduri atau dengan suara gertakan keras.

Untuk pohon yang tingginya yang mencapai jendela lantai dua, pastikan untuk membersihkan cabang yang lebih rendah secara teratur agar tidak berfungsi sebagai tangga bagi maling.

6. Kosongkan kotak surat

Tumpukan surat merupakan tanda bahwa Anda sedang keluar kota dan rumah sangat cocok untuk dirampok.

Jika hendak pergi untuk sementara waktu, mintalah pertolongan tetangga untuk mengambil pengiriman Anda di tanggal-tanggal yang telah ditentukan.

7. Jangan perlihatkan interior

Anda pasti tak ingin pencuri mengintip seluruh barang yang Anda punya di dalam rumah.

Menutup tirai dan memposisikan tanaman raksasa di depan jendela yang menghadap ke jalan bisa menjaga mata yang tak diinginkan masuk ke dalam rumah.

8. Rumah tidak kosong

Berhadapan dengan pemilik rumah merupakan cara yang biasanya dihindari maling. Jika mereka berpikir Anda berada di rumah, mereka tidak akan bertindak agresif.

Buatlah rumah terkesan seperti ada penghuni dengan menghidupkan satu atau dua lampu. Bahkan, bisa dengan cara membiarkan radio menyala agar terdengar bising.

Jika pergi dalam waktu lama, gunakan timer elektronik untuk mengubah radio hidup dan mati secara otomatis.

9. Memasang alarm

Memasang alarm tak menghabiskan banyak biaya. Namun, jikamemasang sistem alarm berkualitas, bisa mencegah pencuri besar, terlebih jika tinggal di lingkungan yang tingkat kejahatannya tinggi.

Lakukan beberapa penelitian dan pilih perusahaan alarm terkenal. Pencuri biasanya tahu tanda-tanda dari sistem alarm buruk dan palsu.

Pertimbangkan pula teknologi tinggi, seperti alarm dengan kamera yang memungkinkan untuk memantau rumah dari mana saja, atau panic button untuk mencegah Anda diserang saat di dalam rumah.

(kps)