Cara Mengurangi Panas di Rumah yang Menghadap Barat
Tanaman Depan Rumah Mengurangi cahaya Masuk Ke Dalam Rumah (Foto: ideaonline)

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Di negara tropis seperti Indonesia, sinar matahari cukup kuat saat siang hari. Untuk menghindari atau mengurangi  banyaknya sinar masuk ke dalam rumah, ada baiknya bangunan menghadap utara atau selatan.

Namun, jika rumah menghadap barat akan terkena sinar langsung sangat lama dan membuat suhu di dalam rumah jadi panas.

Bila hunian sudah terlanjur menghadap barat, menurut Direktur Home-Works, sebuah perusahaan design and build di Jakarta, Wahyu Achadi, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisir pancaran cahayanya.

 

1. Menanam pohon

Biasanya rumah menghadap barat sangat silau pada pukul 14.30-16.30. Cara termudah untuk meminimalisir pancaran sinar matahari masuk ruangan dengan menanam pohon di depan rumah. Jika rumah berukuran kecil atau lahannya terbatas dapat memakai pohon meninggi yang tajuk rantingnya tak begitu lebar.

Misalnya dari jenis bambu, palem, atau pohon pucuk merah yang gampang dibentuk. Tidak hanya untuk menahan sinar matahari, pohon juga berfungsi sebagai penyedia oksigen, penyerap polusi, serta menghalangi suara bising dari luar.

  1. Tanaman rambat

Jika tak memungkinkan alternatif lainnya memakai tanaman rambat yang ditanam dari bawah ke atas atau dirambatkan dari atas ke bawah.

Tanaman rambat tersebut selain berfungsi untuk menahan sinar matahari juga dapat mempercantik fasad rumah. Oleh sebab itu perhatikan estetikanya dengan mengatur sudut-sudut rambatan sehingga tak nampak seperti rumah yang tak terawat.

  1. Kisi-kisi

Cara membuat kisi-kisi sebagai celah udara yang bisa menjadikan ruangan lebih adem saat cahaya yang masuk sangat panas juga bisa dilakukan. Selain itu juga dapat membuat semacam secondary skin pada bagian dinding terluar dari fasad rumah agar sinar matahari tersaring lebih dulu.

  1. Overstek dan kanopi

Bisa pula disiasati dengan membuat semacam bidang transparan atau sunscreen vertikal atau horizontal untuk mengurangi cahaya matahari yang masuk. Bagi rumah bergaya tropis dapat dibuat overstek lebar, sedangkan untuk rumah minimalis dapat memakai kanopi di atas jendela.

  1. Maksimalkan teras

Memaksimalkan fungsi teras bisa juga untuk mengurangi pancaran silau dari sinar matahari. Gunakan banyak tanaman di teras agar sinar matahari akan diolah terlebih dahulu oleh tanaman tersebut dan yang masuk ke dalam rumah jadi lebih segar. Cara terakhir yang cukup mudah adalah menggunakan kaca film pada jendela ataupun gorden transparan.

(he)