Cara Memilih Pot Tanaman Hias
Pot Tanaman Hias (Foto: majalahasri)

INAPEX.co.id, – Suatu kepuasan tersendiri bagi Anda yang gemar berkebun serta menciptakan karyanya melalui tanaman hias dipekarangan rumah.

Namun tak mudah untuk merawat tanaman hias tersebut saat dipindah penempatannya didalam sebuah rumah.

Kendala memindahkan tanaman hias dari pekarangan ke dalam rumah tersebut diantaranya selain butuh penyesuaian jenis tanaman tersebut juga dibutuhkan sebuah pot yang bisa diselaraskan pada kondisi dekorasi rumah.

Desainer ini memperkenalkan hasil desain potnya yang sangat unik. Karyanya ini diinspirasi dari kesukaanya dan keinginannya sendiri untuk memperlakukan tanaman kecil secara istimewa.

Pot tersebut memiliki awan pada bagian atasnya dan mampu memberikan tetesan air seolah-olah turun dari awan seperti hujan. Pot ini memiliki fungsi untuk membantu proses pengairan pada tanaman.

Tak hanya itu, Pot ini pun bisa digantung di dinding dan mempunyai filter air dalam bentuk awan yang unik sehingga dapat mengubah air menjadi rintik-rintik seperti hujan. Awan tersebut bisa menampung sampai 80 ml air, setelah itu pot kecil tersebut juga dapat dicabut untuk dibersihkan ataupun dikeringkan.

Selain itu, Pot ini juga bisa membantu tanaman untuk memperoleh jumlah air yang tepat. Bahkan Pot tanaman hias tersebut dapat menjadi inovasi yang sangat menyenangkan untuk penggunaan air pada tanaman kesayangan Anda.

Sangat cocok untuk mengembangkan hobi berkebun meski dalam rumah. Jadi tidak perlu susah payah untuk meyiram berkali-kali karena merasa khawatir tanaman kesayangan Anda kekurangan air.

Kemudian Arstitek pot tersebut juga menjadikan salah satu solusi bagi pecinta tanaman yang ingin mendesain ruangan dengan menggunakan pot lucu ini mempunyai keunggulan dari sisi playful untuk fungsi menarik..

  • Untuk ruangan yang ingin dihias dengan pot-pot tanaman hidup, bisa diterapkan melalui beberapa tipsnya. Pot-pot tanaman hidup sebaiknya disimpan pada ruangan yang sifatnya semi outdoor, sehingga dapat menambah keasrian dalam ruangan. Pemilihan tanaman juga harus tepat dari segi ukuran ataupun efek yang akan ditimbulkan.
  • Pada ruangan indoor pilihlah tanaman yang sesuai, diantaranya seperti bisa hidup dengan cahaya terbatas. Tanaman hias itu diantaranya seperti Siri Belanda, Kayu Besi, Kuping Gajah, Sri Rejeki, serta memiliki fungsi sebagai penyegar ruangan.
  • Selain itu, Anda juga bisa mengkombinasikan hiasan dinding dalam bentuk gambar lukisan. Pot ini juga dapat berdiri untuk memberikan nuansa tatanan ruangan yang minimalis, namun tetap rapi sehingga dapat menyegarkan pandangan.
  • Selain merawat pot yang berada dalam ruangan, hal yang paling utama ialah merawat tanaman itu sendiri. Sebaik apapun desain pot, jika terdapat tanaman yang layu tentu akan menimbulkan kesan yang kurang nyaman dalam pandangan.
  • Cara perawatannya tidaklah sulit dan hanya memerlukan kedisiplinan saja. Pertama dengan selalu memperhatikan kebutuhan air pada tanaman agar tidak mudah layu. Kemudian, memangkas bagian dedaunan yang layu agar tidak menganggu suasana pada ruangan tersebut.

Jangan lupa untuk mengeluarkan tanaman agar selalu terkena sinar matahari yang sangat baik bagi kelangsungan hidup tanaman. Terakhir, perhatikanlah selalu ukuran tanaman yang tumbuh di setiap hari. Apabila pot didalam tanaman tidak mampu lagi menampung tanaman tersebut, gantilah pot yang lain dengan ukuran yang sesuai.

(kps)