Cara Kekinian Ini Bisa Membuat Saluran Air Mampet Menjadi Lancar
Cara Kekinian (Foto: lefolyas)

 

INAPEX.co.id –¬†Rasanya menjengkelkan, ketika memiliki saluran pembuangan di rumah mengalami mampet akibat sisa limbah rumah tangga.

Ini bisa terjadi kapan saja, akibat kurangnya kepedulian pemilik rumah dengan saluran pembuangan.

Faktor ini bisa saja terjadi, mungkin di dalam pipa saluran pembuangan (wastafel) di rumah banyak belokan dan kurang miring atau membiarkan sisa makanan yang ada di piring dibiarkan masuk ke dalam saluran.

Namun apa boleh buat bila penyumbatan sudah terjadi, berikut ini tips INAPEX.co.id untuk mengatasi penyumbatan dalam saluran air;

Hal pertama yang Anda perlu lakukan yaitu, menggunakan penyedot manual yang memiliki gagang. Dalam melakukan penyedotan dengan menggunakan pluger, Anda harus menekan pluger ke bagian lubang saluran wastafel secara berulang-ulang. Upaya ini dilakukan untuk mengeluarkan kotoran sisa makanan yang menempel pada wastafel.

Bila cara pertama tidak berhasil, Anda bisa menggunakan cuka sebagai cara yang kedua. Dengan meneteskan cuka pada lubang wastafel dan mendiamkan selama 30 menit, kemudian mengguyurnya dengan menggunakan air panas. Setelah itu gunakan pluger untuk menyingkirkan penyumbat lalu diguyur kembali menggunakan air panas sampai saluran bebas dari penyumbatan.

Anda juga bisa menggunakan drain snake, alat ini mampu menghilangkan sisa-sisa makanan yang menyumbat serta sulit dihilangkan dengan air biasa. Hebatnya lagi alat ini mampu menyingkirkan rontokan rambut pada wastafel.

Melalui bahan rumahan Anda juga bisa mengatasi penyumbatan sisa saluran dengan memakai baking soda.

Saat praktek, sebelumnya harus menguyur terlebih dahulu dengan menggunakan air panas, setelah 20 menit beri bubuk soda dan diamkan seharian agar baking soda bekerja. Bisa juga menambahkan cuka untuk hasil yang lebih maksimal.

Selain menggunakan baking soda, Anda juga bisa menggunakan soda api. Meski bahan ini sangatlah ampuh, tapi dalam pengaplikasiannya harus berhati-hati dalam menggunakannya. Untuk itu disarankan agar melindungi tangan Anda terlebih dahulu dengan sarung tangan sebelum memulai.

Dalam prakteknya penggunaan baking soda dan soda api sama saja, dengan cara mendiamkannya setelah penggunaan di dalam wastafel yang berbeda hanyalah prosesnya soda api akan lebih cepat dibandingkan baking soda yang hanya membutuhkan waktu sebentar sampai gemuruh lubang saluran berhenti.

Lakukan minimal sebulan sekali untuk hasil yang maksimal. Selamat mencoba!