Cara Ampuh Rayap Hilang di Rumah Anda
Rayap Merusak Sudut Rumah (Foto: rooang)

 

INAPEX.co.id, – Rayap di dalam rumah selalu menjadi binatang paling menakutkan bagi kebanyakan orang.

Apalagi bagi Anda yang memiliki banyak furniture di rumah seperti lemari, pintu, kusen dan lain-lainnya yang semuanya berasal dari kayu.

Tanpa disadari keberadaan rayap sangat mengganggu hingga dapat mengubah bentuk semula dan membuat keropos dimana-mana.

Jika begitu, Anda pasti akan membutuhkan usaha yang lebih untuk menghilangkan rayap yang ada pada furniture. Berikut ini tips dari INAPEX.co.id agar terhindar dari serangan rayap dirumah Anda.

Pilih kayu dengan benar

Memilih kayu ibarat susah-susah gampang, untuk itu diperlukan informasi yang cukup bagi Anda mengenai jenis kayu. Walaupun kayu memiliki jenis yang bermacam-macam tetapi ada dua jenis kayu paling tidak disukai oleh rayap, yaitu kayu jati dan kayu merbau.

Keberadaan kayu jati sangat tidak disukai bagi rayap karena tekstur yang keras dimiliki pada kayu jati, sedangkan pada kayu merbau memiliki bau yang tidak disukai dan mengandung zat yang dapat menjadi racun bagi jamur.

Jauhkan Dari Tempat Lembab

Anda pasti tahu bahwa tempat berkondisi lembab menjadi tempat yang disukai bagi binatang rayap untuk berkembang biak. Oleh karenanya, Anda harus menjauhkan furniture dari tempat yang tidak ada kebocoran.

Jika di ruang tempat tidur terdapat atap genteng yang bocor, sebaiknya segera diperbaiki. Karena apabila dibiarkan terus berlarut, besar kemungkinan bakteri maupun binatang rayap akan terus berkembang biak.

Beri Ruang antara Mebel kayu dengan lantai

Seperti yang sudah disebutkan bahwa rayap berkembang biak di tempat lembab, karena itu sebisa mungkin Anda harus memberikan jarak atau ruang antara furniture yang berbahan dasar kayu dengan lantai. Tak hanya furniture, Anda juga harus memperhatikan bahan dasar lainnya seperti kertas, kerdus dan buku.

Mengenali Lebih Awal tanda-tanda adanya Rayap

Perlu diketahui lebih awal, tanda-tanda adanya rayap yaitu berupa serpihan kayu dan adanya lubang pada mebel kayu. Tak hanya itu biasanya juga terdapat gumpalan kecil seperti lumpur yang menempel pada kayu.

Selain kedua tanda-tanda tersebut, gejala lainnya yaitu munculnya laron yang menjadi kembang biak dari rayap dewasa.

Lakukan Injeksi Anti Rayap

Kemudian sebelum berkeinginan membangun rumah, Anda harus melakukan injeksi anti rayap terlebih dahulu kedalam tanah dilokasi yang akan dibangun. Upaya ini dilakukan agar rayap tidak tumbuh di bawah rumah.

Injeksi ini dirasa penting dilakukan untuk mengantisipasi berkembangnya rayap. Biasanya dalam penginjeksian anti rayap ini akan bertahan selama 5 tahun.