Cara Cerdas Pilih Asuransi Rumah
Asuransi Rumah (Foto: rr)

INAPEX.co.id, – Perlukah rumah memiliki asuransi? Bahkan pertanyaan ini sering menjadi perhatian utama bagi kalangan yang ingin membeli rumah.

Seperti yang diketahui, tidak hanya berlaku untuk rumah baru, karena bagi sebagian orang, asuransi rumah juga dapat diberlakukan untuk rumah sekunder (seken).

Asuransi rumah nyatanya merupakan sebuah persoalan yang awam bagi sebagian masyarakat. Padahal kebutuhan ini merupakan sangat penting jika suatu saat terjadi musibah tak terduga diperlukan untuk rumah Anda terkait dengan asuransi.

Berikut ini beberapa teknik cerdas dalam memilih asuransi rumah yang tepat untuk Anda:

Pada umumnya perusahaan asuransi selalu menawarkan berbagai varian perlindungan bagi rumah anda. Dalam kebanyakan kasus, hanya memberi perlindungan untuk kebakaran saja.

Namun, ada juga yang menawarkan beberapa hal lain sepert perlindungan menyeluruh untuk risiko yang mungkin saja bisa terjadi pada harta benda di dalam rumah (Property All Risks).

Tentukanlah pilihan dan bincangkanlah hal ini dengan istri dan keluarga. Hal yang harus dilakukan adalah Anda harus kooperatif bertanya kepada pegawai bank agar semua hal dapat dijabarkan dengan jelas.

Cermatlah dalam memilih perusahaan asuransi yang tepat. Mulai dari melakukan perbandingan dari beberapa produk dan perusahaan asuransi, bacalah secara rinci jenis produk perlindungan yang tertera pada surat jaminan, hingga syarat (dan kemudahan) yang akan dibutuhkan untuk melakukan proses klaim nantinya.

Setelah memahami lebih lanjut, hal teterakhir yang harus anda lakukan adalah menganggarkan biaya pertanggungan dengan memperhitungkan pula seberapa besar nilai pertanggungan yang dlahidapat pada kemudian hari.

Perlu diingatkan kembali bahwa uang pertanggungan harus cukup besar untuk membangun kembali rumah. Lakukan perhitungan secara cermat antara jumlah tanggungan dengan lamanya kontrak asuransi.

Dengan ini maka anda bisa memilih asuransi jenis apa yang akan anda gunakan bagi rumah anda. Agar semuanya tepat sasaran anda lebih baik memperhitungkan secara tepat dan cermat.