kprnonsubsidi
ilustrasi. (Foto: Inapex)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Memiliki rumah sendiri memang menjadi impian setiap pasangan baru, dan tak dapat dipungkiri, program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) mulai menjadi jalan yang paling realistis bagi pasangan baru merealisasikan ini.

Kendati demikian, program KPR rumah memang dapat membantu pasangan baru untuk mewujudkan impian memiliki rumah sendiri dengan lebih cepat, tetap saja impian ini bukanlah suatu hal yang mudah. Hidup hemat merupakan kunci utama agar sebuah keluarga baru bisa memiliki rumah impiannya dengan relatif lebih cepat.

Tahun pertama sangat menentukan bagi sebuah keluarga untuk mewujudkan impian ini. Pada tahun pertama keluarga itu harus rajin-rajin menabung, setidaknya 30% dari penghasilan total keluarga tersebut harus masuk ke tabungan khusus yang didedikasikan untuk DP rumah.

Jika keluarga itu mendapatkan rezeki lain seperti bonus, tunjangan, atau pemasukan-pemasukan ekstra lainnya maka pemasukan-pemasukan tersebut akan sangat baik langsung masuk ke tabungan khusus tadi, sehingga dana DP menjadi lebih besar lagi.

Ya! Karena 30% pendapatan keluarga baru tadi masuk ke tabungan, maka mau tidak mau keluarga tadi harus mau menumpang di rumah orang tua terlebih dahulu, agar dengan 70% sisa pendapatan tadi, keluarga itu dapat hidup sehari-hari dengan cukup lega (bahkan bisa menabung untuk hal-hal lain).

Agar proses menabung ini semakin sukses, maka keluarga baru tersebut harus mampu menahan hasrat untuk menikmati liburan berdua hingga mereka memiliki rumah terlebih dahulu. Jadi seandainya keluarga baru tersebut memiliki total pendapatan 10 juta setiap bulannya, maka tabungan khusus DP rumah selama setahun akan berjumlah 36 juta.

Angka ini tentunya belum memasukkan pendapatan ekstra mereka selama setahun, jadi bisa dianggap setelah 1 tahun mereka akan memiliki tabungan sebesar 40 juta, atau dengan kata lain cukup menebus DP rumah sederhana.

Tak masalah jika keluarga baru tersebut hanya memiliki rumah sederhana sekarang, karena nanti tentu mereka bisa mempercantik atau pindah ke rumah yang lebih baik lagi, yang penting sekarang punya rumah sendiri terlebih dahulu.

Sebenarnya ada cara yang lebih cepat yang bisa dilakukan pasangan untuk memiliki rumah idaman tersebut, namun hal ini membutuhkan sebuah komitmen besar agar benar-benar terealisasi. Cara ini adalah dengan menabung sejak pasangan tersebut belum menikah.

Ya! Hal ini memang membutuhkan komitmen yang kuat dari pasangan tersebut karena mereka harus berkomitmen menabung untuk berdua, meskipun belum terikat pasangan suami-istri. Agar tidak terjadi rasa tidak enak atau menyesal jika pasangan tadi batal terikat menjadi pasangan suami-istri, maka mereka harus menabung di tabungan sendiri-sendiri.

Jadi seandainya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, tabungan tadi tetap dapat dipergunakan masing-masing, untuk kepentingan masing-masing. Namun, apabila pasangan bisa berkomitmen melakukan ini, selama setahun (atau lebih) mereka akan sudah memiliki tabungan yang cukup untuk membayarkan DP rumah ketika mereka memutuskan untuk menikah, dan bisa saja langsung pindah ke rumah baru tersebut setelah menikah.