Cara Ampuh Kecoa Tidak Bersarang Dalam Rumah
Taburkan Biji Bunga Lavender Untuk Mengusir Kecoa (Foto: pixelstalk)

 

INAPEX.co.id, – Kecoa adalah salah satu jenis serangga yang biasa kita jumpai baik itu di dalam atau luar rumah. Binatang jorok dan menjijikkan ini menyukai tempat yang ada bekas makanan dan menyamperi makanan yang tak tertutup rapat.

Kecoa senang hidup dan berkembangbiak di tempat-tempat kotor dan lembab. Di rumah biasanya tinggal di tempat-tempat tanpa sinar matahari dan tersembunyi di kabinet dapur, gudang tanpa ventilasi, dan sebagainya.

Berbagai jenis kecoa juga bisa menyebarkan kuman pada manusia, maka dari itu sangat diharuskan membebaskan rumah Anda dari binatang ini.

Biasanya, cara mengusir kecoa ialah menjaga rumah tetap terang, selalu bersih, dan kering terutama di tempat-tempat tersembunyi.

Ada pula cara efektif membasmi kecoa yaitu menggunakan insektisida, namun kecoa akan muncul kembali jika keadaan rumah sedang jorok atau bisa mencoba menggunakan bahan-bahan alami untuk mengusir kecoa .

Berikut ini lima poin yang bisa dilakukan dengan mudah agar rumah Anda bebas dari kecoa;

  1. Bersihkan rumah setiap hari pagi dan sore, sapu semua permukaan lantai lalu di pel. Area dapur khususnya di bagian bawah kitchen, misalnya tempat meletakkan gas, area bawah cucian, kabinet mesti dalam keadaan bersih.
  2. Usahakan jangan sampai ada makanan yang berceceran saat makan, jika itu terjadi atau ada remah-remah makanan di meja dan lantai langsung dibersihkan. Jangan sampai kecoa mencium aroma tersebut dan mendatangi makanan tersebut. Tutup secara rapi dan rapat tanpa celah saat meletakkannya di meja dan kompor.
  3. Langsung cuci seluruh peralatan makan dan minum yang telah digunakan, jangan biarkan terlalu lama di tempat cucian piring, apalagi ada sisa-sisa makanannya.
  4. Segera buang sisa makanan ke tempat sampah sementara yang tertutup rapat di dapur dan buang ke tempat sampah di luar rumah setiap hari. Tempat sampah harus memiliki penutup untuk menghindari binatang lain misalnya kucing mengacak-ngacak sampah yang ada sisa makanan dan akan mengotori area sekitar. Pasalnya, hal tersebut bisa mengundang kecoa dan tikus untuk menyantap sisa makanan tersebut.
  5. Taburkan wewangian seperti kapur barus atau karbol di tempat-tempat lembab dan tertutup rapat yang ditengarai jadi persembunyian kecoa. Bisa juga dengan bahan alami misalnya biji bunga lavender yang aromanya mampu mengusir kecoa.