Butuh Uang Tunai Dengan Cepat? Bank BTN Siapkan Kreditnya
Bank BTN Siapkan Kredit Agunan Rumah (Foto: dok.inapex)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Bank BTN akan menggenjot bisnis equity loan dengan meningkatkan kredit agunan rumah (KAR). Ini adalah strategi lain bank pelat merah selain fokus utama sebagai integrator program pembangunan sejuta rumah dengan menyediakan KPR untuk rumah murah.

Menurut Direktur Consumer Banking Bank BTN Handayani, KAR adalah fasilitas kredit perumahan non KPR. lewat KAR ini masyarakat dapat memperoleh dana dari BTN untuk kebutuhan konsumtif. Agunannya bisa berupa rumah, ruko, apartemen, dan properti lainnya.

“Target kami KAR bisa naik hingga 10 persen setahun dari posisi KAR 2016 sebesar Rp.8 triliun. Untuk mencapai target ini kami terus meningkatkan promosi, pemberian apresiasi pada debitur setia, dan meluncurkan Program Gebyar Uang Tunai dengan target penambahan kredit senilai Rp.600 miliar,” tuturnya saat pembukaan Program Gebyar Uang Tunai di Kantor Pusat Bank BTN, Jakarta, Senin (5/6).

Program tersebut serentak ada di seluruh kantor cabang BTN. KAR diperuntukan kepada debitur KPR dan KPA BTN yang lancar membayar angsuran selama 2 tahun terakhir. Salah satu fitur KAR ialah menambah kredit dari plafon yang telah berjalan (top up).

Untuk mekanismenya, debitur bisa juga mendapatkan kompensasi untuk melunasi pinjaman lama. Kelak, selisih antara pinjaman baru dan lama ini dapat diambil dalam bentuk uang tunai.

Adapun mekanisme top up debitur bisa memperoleh pinjaman baru dengan nilai sebanyak selisih antara plafon kredit lama dengan posisi pinjaman sekarang ini.

“Untuk kredit baru akan dikenakan bunga promosi 10,5-11,5 persen. Kami juga memberikan diskon biaya provisi dan administrasi sebesar 50 persen dengan jangka waktu pinjaman hingga 15 tahun. Jadi silahkan masyarakat memanfaatkan program ini untuk mendapatkan dana guna memenuhi keperluannya,” jelasnya.

Butuh Rumah?

Bintaro Jaya, Pondok Aren, Tangerang Selatan, saat ini tengah menjadi ikon perumahan di selatan Jakarta. Perumahan yang dikembangkan PT Jaya Real Property Tbk ini sudah puluhan tahun menjadi favorit kaum menengah dan sekarang juga menjadi incaran kalangan menengah atas.

Lokasinya sangat dekat Jakarta Selatan, memiliki fasilitas lengkap, dan akses tol langsung dan kereta komuter. Berbagai kelebihan ini membuat harga rumahnya cukup tinggi, sekitar Rp.2 miliaran ke atas.

Perumahan lainnya juga serupa. Saat ini yang memberikan harga rumah di bawah Rp.1 miliar sangat terbatas. Salah satunya Green Hills di Jl Aria Putra, Serua Indah, Ciputat. Lokasinya dekat dengan Stasiun Sudimara.

PT Griya Multi Swadaya sebagai pengembang, menyediakan rumah tipe 45/72 seharga Rp.699 juta sudah termasuk PPN dan tipe 56/90 Rp.837,9 juta. Kedua tipe itu hunian satu lantai dengan dua kamar tidur.

“Pembelian bisa dengan KPR DP 20 persen atau angsuran bertahap hingga 12 bulan. Saat ini sudah membangun beberapa cluster dan sebagian besar dihuni,” ucap Aziz, staf pemasarannya, kepada pers di Tangerang Selatan, belum lama ini.