BTN siapkan KPR untuk Atlit berprestasi. (Foto: BTN)

JAKARTA, INAPEX.co.id – Sekaligus sebagai fasilitas kemudahan karena telah mengharumkan nama bangsa di ajang Nasional dan Internasional, Bank Tabungan Negara (BTN) mulai ikut mewujudkan melalui produk Kredit Pemilikan Rumah/Apartemen (KPR/KPA) khusus bagi para atlit yang berprestasi.

“Ini merupakan bagian upaya kami untuk terus memperbesar penyaluran kredit perumahan sesuai fokus bisnis kami, sekaligus menyukseskan program pembangunan sejuta rumah. Melalui kerja sama dengan KOI, kami memberikan KPR dengan berbagai kemudahan bagi para atlet yang telah mengharumkan nama bangsa. Semakin banyak atlet yang memiliki rumah sendiri, tentu akan memacu semangat mereka untuk terus berprestasi,” kata Maryono, Direktur Utama Bank BTN, saat penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) dengan Ketua Umum KOI Erick Tohir, sebagaimana dikutip siaran pers BTN di Jakarta, belum lama ini.

Nantinya para atlet dan pengurus cabang olah raga yang mengajukan KPR akan mendapatkan referensi dari KOI untuk bisa menikmati program khusus dari Bank BTN.

Kemudian, KPR/KPA bisa diajukan untuk pembelian rumah baru dan seken. Para atlet yang bisa mengajukan kredit mulai dari usia 18 tahun dengan jangka waktu (tenor) kredit hingga 30 tahun untuk KPR dan 20 tahun untuk KPA.

Mereka akan mendapatkan promo khusus seperti persyaratan uang muka yang ringan mulai dari lima persen, bebas biaya administrasi dan provisi, dan bebas biaya appraisal.

Para atlet dan pengurus KOI juga bisa menikmati fasilitas KPR Zero yang memungkinkan debitur (peminjam) hanya mengangsur bunga selama dua tahun pertama agar cicilan pada dua tahun pertama itu lebih ringan.

Setelah dua tahun barulah debitur mencicil pokok dan bunga KPR/KPA secara penuh. KOI memiliki 12 pengurus inti dengan anggota para atlet yang mencapai ribuan orang dari 61 cabang olahraga.

Pada ajang Asian Games 2018 belum lama ini di Jakarta-Palembang, KOI mengirimkan 968 orang atlet berprestasi yang berhasil merah 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 medali perunggu.

Per Agustus 2018 Bank BTN sudah menyalurkan pembiayaan perumahan senilai Rp160,71 triliun atau tumbuh 22,07 persen secara tahunan disbanding periode yang sama tahun lalu yang mencapai Rp131,64 triliun.