Bosan Dengan Lantai Anda? Jangan Dibongkar, Ada Cara Mudahnya
Karpet Motif (Foto: decoist)

INAPEX.co.id, – Anda merasa sudah terlanjur memiliki lantai flat dan tidak menarik bukan berarti harus mengganti lantai dan mengeluarkan budget besar.

Solusinya terdapat pada sehelai karpet yang bisa memberi nilai lebih pada lantai disetiap ruangan. Keindahan ini juga akan meningkatkan estetika ruang.

Memilih karpet yang tepat adalah kunci utama untuk membuat ruangan terasa lebih hidup dan hangat.

Kebanyakan orang akan membeli karpet yang sesuai dengan selera, namun tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan tiga hal diberikut ini;

Memilih Bahan

Pertama kali yang harus ditentukan adalah bahan dari karpet apakah sutra, sisal, nilon, kulit atau bahan lainnya. Bahan ini dipilih dengan menyesuaikan untuk digunakan pada ruangan apa karpet yang akan dibeli tersebut.

Jika ingin meletakkan di ruang private seperti kamar atau ruang kerja dapat memilih bahan kulit atau sutra yang memberi kesan eksklusif.

Untuk menggunakan pada ruang utama seperti ruang keluarga cocok menggunakan karpet berbahan wol, karena sangat nyaman saat diinjak dan tidak mudah kempis yang memberikan kenyamanan di aktifitas keluarga.

Sedangkan ruang publik seperti ruang tamu harus menggunakan karpet yang mudah dibersikan, karena banyak orang yang menginjak karpet tersebut, seperti bahan nilon dan polupropylene.

Memilih Warna

Selanjutnya adalah menentukkan jenis warna. Agar membuat warna lebih hidup pada ruangan, usahakan untuk memilih warna yang tidak sama dengan lantai maupun dinding.

Hal ini juga akan membuat elemen-elemen menjadi saling menonjol. Karpet berwana netral seperti putih, abu-abu, biru atau coklat dipilih untuk pemilik rumah yang menyukai suasana teduh dan menenangkan penghuni rumah.

Kemudian Warna netral juga tidak akan menyulitkan penghuni saat ingin mengganti warna cat pada dinding. Jika ingin memiliki ruang dengan kesan playful bisa memilih warna cerah yaitu kuning atau merah.

Memilih Motif

Setelah menentukkan bahan dan warna, beralih ke motif karpet. Motif tergantung selera apakah ingin polos saja atau memiliki banyak motif.

Untuk ruangan yang sudah terisi dengan berbagai furnitur banyak motif, baiknya memilih karpet polos agar tidak terkesan penuh dan bahkan mengganggu kenyamanan saat dipandang.

Suasana yang diinginkan pada ruangan juga harus diperhatikan, diantaranya seperti membangun suasana lebih elegan dan mewah bisa memilih karpet –karpet klasik Persia dengan banyak ornamen.

Apabila ingin terlihat lebih modern dan simpel, Anda bisa pilih karpet dengan motif satu geometris seperti chevron, herringbone, houndstooth, atau heksagonal.

(idea)