Beli Rumah Berkonsep TOD di IPEX, dijamin Dapat 5 Keuntungan
Ilustrasi (Foto: mapio)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Akhir-akhir ini beli rumah berkonsep TOD atau Transit Oriented Development ramai diperbincangkan. Pasalnya, konsep TOD adalah program pengembangan kawasan properti yang memaksimalkan fungsi transportasi massal, meliputi commuter line, MRT, dan LRT.

Di Indonesia, konsep tersebut diklaim akan jadi primadona yang sangat diincar di masa depan. Terlebih pemerintah kini sedang gencar-gencarnya mengerjakan pembangunan infrastruktur. Tak heran bila saat ini para pengembang ikut gencar membangun hunian dengan menonjolkan konsep TOD.

Tak hanya transportasi masal saja, konsep TOD juga tersedia fasilitas jalan untuk pejalan kaki dan sepeda. Konsep ini telah banyak diterapkan di negara lain yaitu Jepang, Korea Selatan, Amerika, dan Hongkong.

Berikut ini keuntungan yang ditawarkan hunian berkonsep TOD ini.

1. Lebih murah

Semakin sedikitnya lahan di ibu kota membuat harga tanah kian mencekik. Oleh sebab itu, banyak pengembang mengincar kawasan pinggiran Jakarta, seperti Cibubur, Serpong, Karawang, dan Cikarang untuk membangun hunian TOD.

Secara tak langsung hal tersebut juga berpengaruh terhadap harga yang ditawarkan dan dengan harga mulai dari Rp.200 jutaan maka Anda sudah dapat memperoleh hunian berkonsep TOD.

Tidak hanya murah, banyaknya pengembang yang memilih membangun hunian di pinggir Jakarta juga sekaligus mendorong pemerintah dalam program pemerataan pembangunan. Dengan begitu pembangunan tidak hanya terpusat di Jakarta.

2. Praktis dan Bebas Macet

Konsep hunian yang terintegrasi dengan transportasi massal sedikit banyaknya dinilai dapat mengurangi jumlah kendaraan pribadi. Pemilik yang tinggal di hunian TOD tak akan dipusingkan soal transportasi. Istimewanya, semua pilihan transportasi dijamin bebas macet, seperti MRT, commuter line, dan LRT yang kini masih dalam tahap pembangunan.

3. Lebih Hemat

Berapa rupiah dana yang Anda keluarkan per bulan untuk transportasi harian? Tinggal di hunian berkonsep TOD tentu akan memangkas pengeluaran transportasi Anda. Untuk menuju kantor atau pusat kota, tidak perlu lagi mengeluarkan uang bensin, atau ongkos ojek online. Biaya transportasi massal yang ditentukan pemerintah akan berkali lipat jauh lebih murah.

4. Meningkatkan Kualitas Hidup

Hunian berkonsep TOD juga akan mempermudah penghuni dalam melakukan aktivitas sehari-hari dengan dekatnya terminal transportasi massal, membuat efisiensi dalam hal waktu, jarak, dan tenaga. Dengan segala kepraktisan yang tersedia otomatis kualitas dan taraf hidup akan meningkat.

Tidak hanya itu, tingkat stres juga akan berkurang sebab hunian TOD akan dilengkapi dengan kawasan komersial dan fasilitas umum yang terintegrasi dalam satu kawasan.

5. Investasi Menjanjikan

Properti-properti di sekitar atau dekat dengan mass rapid transit atau MRT dan light rail transit atau LRT memiliki potensi mengalami pertumbuhan harga luar biasa ke depannya. Kenaikan harga tanah dan properti rata-rata 15 persen – 20 persen per tahun dalam jangka panjang.