Andhika beli apartemen di Bogor. (Foto: dok.inapex)

JAKARTA, INAPEX.co.id – Ingin beli apartemen di kawasan Bogor seperti Andhika Pratama? Ternyata banyak pilihan apartemen serupa di pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2018.

Seperti diketahui, pada kunjungannya di pameran IPEX periode Februari lalu, selebritis Andhika Pratama menjelaskan tentang peluang investasi didunia properti.

“Jadi dari dulu ingin punya investasi di Bogor memang tapi belum ketemu-ketemu, eh ketemunya malah apartemen,” kata Andhika Pratama saat ditemui INAPEX.co.id, di Hall B JCC Senayan, beberapa waktu lalu.

Menurut Andhika pernah investasi dipusat kota Jakarta. “Dulu kita pernah investasi ditengah kota Jakarta. Namanya properti di Jakarta sekarang sudah mahal sekali ya. Dulu apartemen itu menganggapnya buat lucu-lucuan buat weekend segala macam tapi terlalu kecil,” katanya.

Sampai akhirnya, Andhika menceritakan pilihan investasinya di kawasan Bogor Jawa Barat. “Akhirnya di Bogor ini, karena harganya sangat terjangkau, kita ambil dua unit disitu. Nantinya kita jebol gitu niatnya anak-anak biar lega, kalau ada keluarga datang kita ajak ke Bogor paling nggak sudah ada tempat gitu untuk ngriung bareng-bareng. Ya itu tadi karena harganya murah dan relatif terjangkau buat anak-anak muda harganya sangat cocok banget,” jelasnya.

Andhika menilai, investasi properti tak pernah rugi karena nilainya semakin naik. “Pokoknya investasi diproperti itu tidak pernah rugi, karena nilainya tidak pernah turun justru nilainya semakin naik. Mau beli tanah didiemin berapa tahun kedepan naik, beli rumah mau bangunanan sudah tua didiemin berapa tahun kedepan nilai tanahnya naik,” katanya.

Andhika pilih investasi properti. (Foto: dok.inapex)

Ia menambahkan, investasi properti sangat cocok juga untuk kalangan usia muda. “Jadi menurut saya ya, buat anak-anak muda zaman sekarang apalagi seumuran saya atau adik-adik dibawah seumuran saya biasanya takut berinvestasi karena nilainya mahal tidak terjangkau dengan gajinya,” lanjutnya.

Kemudian, masih dikisahkan Andhika, belum lagi pengeluaran biaya hidupnya tinggi. “Sebenarnya ini saya kasih bocoran aja ya, ini harga termurah tipe studio seperti yang kita ambil kemarin satu unit itu harganya Rp.250 juta DPnya 10 persen, wicis itu sudah 25 juta DP bisa dicicil 15 kali jadi secara logikanya nilai matematika satu hari kita sisihin uang 50 ribu itu sudah bisa DP simple kan, jadi kadang orang ingin investasi lihat nilainya waduh besar ya wow Rp.250 juta, wow 500 juta dari mana. Kalau kita ada uang lebih terus kita bayar dengan cash keras nggak masalah, tapi kalau kita masih berpikirnya untuk biaya hidup, cicilan mobil atau keperluan lain, sebenarnya bisa dibikin simple,” ujar Andhika.

Solusinya, artis dan presenter ini mencontohkan tentang perbandingan untuk pengeluaran rokok jika dihemat untuk menabung bisa untuk membayar DP.

“Nih 50 ribu loh, sehari. Maaf ya kadang-kadang orang untuk beli rokok sehari nilainya hampir segitu, tapi kalau kita relakan uang itu untuk menabung uangnya bisa untuk DP,” tambahnya.

Hal senada juga katakan istrinya Ussy, bahwa investasi apartemen dirasakan sangat bermanfaat. “Memang apartemen itu kita sudah ngerasain manfaatnya gini. Dulu kita beli apartemen ditengah kota, kita diemin kita sewain terus kita butuh duit nih buat pindah rumah, itu cepet banget jualnya kayak kacang goreng langsung laku akhirnya duitnya bisa kita beli rumah. Kita belinya berapa, kita jual lakunya sudah tinggi banget,” pungkas Ussy.