Ini Tiga Rumah Cicilan Dibawah Rp.2 Juta
Ilustrasi (Foto: jurnal)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Begini cara tepat menentukan pilihan investasi properti. Apalagi, ketika memiliki tabungan tapi masih bingung harus menentukan pilihan investasi baik melalui reksadana, saham ataupun lebih suka menghabiskan uang dengan koleksi barang antik.

Ini berbeda dengan orang kaya sejati. Mereka sering menanamkan uang mereka di properti, seni, bisnis, dan investasi lain yang hanya bisa kita miliki dalam mimpi. Cara orang-orang ini dalam menggunakan uang mereka membedakannya dari kebanyakan kita, yang membuat mereka terus menerus mengeruk untung.

Jika kita amati, hampir semua pebisnis mengalokasikan sebagian dana mereka untuk membeli properti baik dengan tujuan sebagai bisnis utama, sekadar efisiensi biaya (dibandingkan dengan biaya sewa tempat usaha) maupun untuk mengamankan aset mereka. Mengapa demikian? Seberapa pentingkah investasi properti itu dan mengapa nilainya semakin meningkat?

Satu fakta yang perlu Anda ingat adalah bahwa luas daratan di bumi tidak pernah bertambah, bahkan cenderung berkurang, sementara jumlah penduduk selalu bertambah. Hal ini berlaku di seluruh permukaan bumi, tentunya termasuk Indonesia. Fakta lain yang tidak boleh dilupakan adalah bahwa tidak pernah ada properti yang sama persis, khususnya mengenai lokasi. Faktor kelangkaan dan keunikan properti inilah yang menjadi pola pikir mendasar bagi sebagian besar pebisnis untuk berinvestasi di bidang properti.

Ada banyak pilihan untuk berinvestasi, tapi investasi terhadap hunian menjadi pilihan yang cukup bijak untuk dilakukan mengingat nilainya yang akan terus menanjak. Bagaimana cara berinvestasi di dunia properti? Berikut merupakan beberapa strategi yang bisa Anda gunakan untuk menggaet untung yang maksimal :

Cari Pengembang Yang Baik
Yang pertama harus Anda lakukan adalah mencari pengembang atau developer yang baik. Untuk mengetahui ini, Anda bisa melihatnya dari track-record yang mereka miliki. Beberapa point yang harus Anda perhitungkan ketika memilih pengembang adalah developer haru memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas tinggi, berpengalaman dengan proyek-proyek besar dan harus memiliki margin error yang sangat rendah.

Perlu Anda ketahui juga, semakin besar peluang bisnis properti yang akan Anda buka, maka secara otomatis ini akan membuat lebih banyak developer baru yang berdatangan.

Selain itu, kawasan properti baru dan terpadu biasanya akan dilakukan perusahaan pengembang properti yang besar dan berpengalaman. Maka dari itu, daripada Anda berspekulasi dengan pengembang yang baru, mendingan Anda memilih developer yang sudah memiliki pengalaman dalam berbagai proyek.

Lokasi Properti yang Baik
Dalam bisnis properti, lokasi merupakan salah satu hal yang sangat penting dan harus bisa diperhatikan dengan bijak. Misalnya saja, ketika Anda memilih properti hunian, sebaiknya Anda lebih memilih hunian rumah yang dihuni oleh para end user. Hal tersebut karena kebanyakan pembeli yang merupakan end user, mereka biasanya akan tinggal lama dan bahkan akan mengajak yang lainnya (teman atau keluarga) untuk sama-sama membeli rumah dilokasi yang sama.

Tentu saja ini sangat menguntungkan, karena secara tidak sengaja, si user ini telah mempromosikan lokasi bisnis properti Anda, sehingga biaya promosi akan bisa ditekan sedemikian rupa. Selain itu, tehnik promosi dari mulut ke mulut ini merupakan salah satu tehnik promosi yang paling efektif dan berpoetnsi besar mendatangkan konsumen lainnya.

Lokasi terbaik untuk membuat perumahan adalah tempat-tempat strategis yang sangat dekat dengan pusat kota, yang memiliki akses transportasi yang memadai, baik itu angkutan umum atau fasilitas jalan yang baik, dekat dengan pusat pendidikan, seperti sekolah dan lainnya, dekat dengan kantor pemerintahan, minimalnya kantor kecamatan dan usahakan harus dekat dengan pusat bisnis seperti mall dan pasar.

Fasilitas Memadai
Selain lokasi, beberapa fasilitas dalam perumahan juga sangat penting untuk dicermati. Hal tersebut karena setiap orang pasti menginginkan lokasi properti yang sudah ditunjang oleh fasilitas yang memadai, dari mulai fasilitas pendidikan, pusat perbelanjaan, pusat olahraga, akses transportasi yang memadai dan fasilitas lainnya. Hal ini harus bisa Anda lakukan supaya pembeli bisa lebih nyaman dan mau membeli properti yang Anda tawarkan. Walaupun mungkin harga yang Anda tawarkan akan sedikit mahal.

Di Indonesia Property Expo  (IPEX) 2018 yang akan diadakan pada 3-11 Februari 2018 mendatang terdapat berbagai macam pilihan hunian dan harga ditawarkan oleh pengembang mulai dari 200-800 juta ke atas.

Berikut ini adalah daftar untuk hunian berkisar 200-800 juta :

  • PT. Gema Karya Anugerah Sentosa

Proyek : Samasta Ciseeng, Tangerang.

Samasta-Ciseeng
Samasta Ciseeng (Foto: youngandloud.co.id)

 

  • PT. Parabi Global Konstruksi

Proyek : The Paradise Park Residence, Tangerang.

The-Paradise-Park-Residence-Tangerang-Indonesia
The Paradise Park Residence (Foto : rumah.com)

 

  • PT. Pratama Swarna Marga

Proyek : Gladiola Residence, Ciledug.

Gladiola-Residence
Gladiola Residence (Foto : mitrarumah.com)

 

  • PT. Graha Perdana Indah

Proyek : Garden Graha Sawangan, Depok.

Graha-Sawangan
Graha Sawangan (Foto : gardengrhasawangan.com)

 

  • PT. Langgeng Makmur Perkasa

Wismaya Residence, Bekasi.

Wismaya-Residence
Wismaya Residence (Foto : skycrapercity.com)

 

Kemudian, instrumen investasi properti yang tepat tak hanya bergantung pada nilai lokasi strategis serta kwalitas bangunan rumah tapak maupun hunian vertikal. Namun, beberapa moment yang menguntungkan juga menjadi alasan tersendiri bagi konsumen saat ini. Hal itu terungkap sejumlah alasan misalnya masih menunggu moment yang sangat menguntungkan konsumen properti, seperti pada saat ajang promosi dan transaksi yang akan berlangsung dalam IPEX 2018 di JCC Senaya, Jakarta.