Ruang Tamu (Sumber : pexels.com)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Ruang tamu, sebuah ruangan yang memiliki fungsi utama sebagai tempat untuk menyambut kedatangan orang yang berkunjung kerumah anda. Tampilan ruang tamu, tentunya akan menjadi kesan pertama yang akan dilihat.

Oleh karena itu, menurut Business Manager Dekoruma, Rafi Sarumaha, tampilan ruang tamu menjadi sangat penting.

“Karena itu, menjadi hal yang sangat penting untuk membuat tampilan ruang tamu terasa lebih nyaman dan cantik,” ujar Business Manager Dekoruma, Rafi Sarumaha, di Jakarta, kemarin.

Lanjut Rafi, ukuran ruangan yang sempit, terkadang membuat orang kesulitan untuk menatanya. Namun ada cara tersendiri untuk mengakali ruang tamu yang sempit.

Perbanyak Kursi Lipat

Menurut Rafi, untuk ruang tamu yang sempit, lebih tepat mengandalkan kursi lipat. Sediakan beberapa kursi lipat yang hemat ruangan. Dengan begitu, tamu tidak harus duduk di lantai beralas karpet. Cara ini cukup efektif karena jumlah tamu yang datang tidak bisa diprediksi.

Penggunaan Sofa Bed

Pertimbangkan, penggunaan sofa bed untuk ruangan dwifungsi, bisa menjadi solusi karena tak perlu khawatir akan memakan banyak ruang. “Sofa bed juga memiliki banyak bentuk dan model, sehingga bisa  memilih sesuai dengan ruangan minimalis,di saat anda melihatnya di toko meubel,” kata Rafi.

Pilih Meja Ramping

Menurut Rafi, bentuk dan model meja ramping sangat cocok untuk dipergunakan di ruang tamu. Selain itu, meja berkaki juga bisa menjadi pilihan, karena ruang di bawahnya bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan barang, misalnya bantal atau alas duduk lainnya.

“Selain itu, meja berkaki juga memiliki volume pandang yang lebih ringan, sehingga ruangan tak akan terkesan penuh dan sesak,” ujarnya.

 

Manfaatkan Sudut Ruangan

Jangan dianggap remeh dengan sudut ruang tamu rumah minimalis. Dengan meletakkan sebuah lemari atau rak yang sesuai dengan warna dinding maka akan terlihat lebih sesuai. Sayangnya, tidak sedikit pembaca yang mengalami kesulitan saat akan mencari ukuran lemari atau rak yang sesuai.

“Untuk solusinya, bisa memesannya secara custom agar ukurannya bisa disesuaikan dengan ruang yang ada. Selain itu, tambahkan pula meja kecil sehingga bisa membuat ruangan lebih asri. Apalagi jika dilengkapi vas bunga segar tentu akan membuat wangi alami seluruh ruang tamu tersebut,” kata Rafi.