INAPEX.co.id, – Secara tidak disadari, ada 6 jenis pengeluaran yang merupakan sumber habisnya uang. Pasalnya, pemborosan ini terjadi melalui benda-benda yang Anda pakai sehari-hari dalam rumah.

Padahal, jika bisa mengatur pengeluaran, bisa jadi lebih hemat dan uangnya dapat ditabung untuk dimanfaatkan sebagai biaya renovasi rumah, dana liburan, atau bahkan untuk DP rumah. Berikut ini hal-hal yang menghabiskan uang Anda;

TV kabel

Cobalah sesekali hitung pengeluaran tv kabel selama satu tahun, lumayan banyak bukan? Sebenarnya Anda dapat menghematnya dengan menentukan paket pilihan yang lebih murah atau malah tak menggunakannya sama sekali. Tak hanya bisa menghemat, namun juga frekuensi menonton TV jadi berkurang.

Berlebihan membeli bahan makanan

Biasanya kecerobohan tersebut kerap dilakukan oleh para ibu rumah tangga akibat menu makanan yang tak direncanakan dengan baik. Oleh karena itu, banyak bahan makanan yang tak terpakai jadi membusuk di dalam kulkas.

Maka dari itu, rencanakan menu makan setiap minggunya. Misalnya pada satu hari Anda akan masak memakai bahan kembang kol, lalu pastikan pada beberapa hari ke depan akan ada masakan yang juga memakai bahan ini supaya tak terbuang karena sudah busuk.

Potong rambut

Sebenarnya, memotong rambut anak dan pasangan dapat dikerjakan sendiri tanpa harus mengeluarkan uang ke salon yang biayanya bisa membeli sesuatu yang lebih penting. Cukup beli sekali peralatan mencukur rambut untuk beberapa kali pakai, supaya lebih mudah saat memotong rambut di rumah.

Apabila tak mengerti cara memotong rambut, Anda dapat mempelajarinya melalui tutorial di internet.

Keanggotaan pusat kebugaran

Hal ini jadi pemborosan bila tidak dilakukan secara berkala. Tentu ini hanya membuang uang selama setahun meski mendapatkan harga khusus akhir tahun atau diskon besar.

Lebih baik berolahraga saja di luar rumah yang murah bahkan tidak mengeluarkan uang sepeser pun seperti berlari, bersepeda, atau berenang. Bisa juga dengan membeli 1 buah video senam atau pakai aplikasi olahraga di telepon genggam bila ingin berolahraga sendiri di rumah.

Minuman soda

Apabila Anda penggemar minuman bersoda ataupun minuman ringan lainnya, hitunglah secara menyeluruh dalam setahun biaya yang dihabiskan untuk menyediakan stok di rumah.

Sebaiknya ubah kebiasaan tersebut dan biasakan minum putih, bahkan saat makan di beberapa restoran akan memberikannya secara gratis sebanyak apapun Anda minum. Bukan hanya hemat, badan sudah dipastikan akan lebih merasa sehat dan bugar dibandingkan saat minum soda.

Air putih kemasan

Membeli air putih dalam botol sekali pakai sangatlah boros, coba pertimbangkan untuk memakai water purifier di rumah sehingga bisa membuat air putih sendiri yang layak diminum.

Siapkan pula beberapa botol minum yang dapat digunakan berulang-ulang agar saat berpergian cukup membawa botol minum tersebut. Selain berhemat, ini juga menjadi salah satu cara melindungi diri dari bahaya kimia yang terkandung dari botol minum sekali pakai.

(rmh)