Hunian di Cikarang, DP Hanya Rp.1 Juta
DP Hanya Rp.1 Juta di Riverview (Foto: polarisproperti)

 

BEKASI, INAPEX.co.id, – Tiga tahun terakhir pasar apartemen menghadapi tekanan kuat. Serapan hunian vertikal baru dan seken kian melemah yang mengakibatkan banyak proyek apartemen tertunda pembangunannya.

Namun berbeda dengan pasar apartemen murah, permintaannya terus melimpah.

River View Residence yang dikembangkan di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, merupakan salah satu yang hampir menyelesaikan penjualan tower Manhattan. Tower I sebanyak 900 unit ini mulai dipasarkan Februari 2016.

River View Residence dikembangkan PT Graha Buana Cikarang, pengembang Jababeka Residence bersama PP Properti. Proyek ini terdiri empat tower masing-masing sebanyak 900 unit.

“Tower pertama sudah ground breaking, saat ini kita pasarkan tower kedua, Bengawan,” jelas Presiden Direktur PT Grahabuana Cikarang, Suteja Sidarta Darmono, kepada pers di Cikarang, baru-baru ini.

River View Residence dikembangkan sebagai apartemen bersubsidi dengan DP hanya 1 persen dan bunga KPA 5 persen. Sekarang ini diluncurkan tipe studio senilai Rp.194 juta.

Jadi, dengan menyediakan uang muka Rp.1,9 juta konsumen sudah dapat membeli apartemen.

Penjualannya laku keras karena apartemen murah ini untuk menyasar kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) terutama pekerja industri di kawasan Jababeka.

Potensi pasarnya sangat besar sebab di Jababeka terdapat 1.600 perusahaan swasta nasional dan multinasional.

Oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) River View Residence dijadikan percontohan pengembangan apartemen di kawasan industri.

Tidak hanya itu, hunian subsidi apartemen ini juga menyediakan unit-unit non-subsidi. Selain apartemen River View Residence, PT Graha Buana Cikarang juga mengembangkan apartemen menengah Monroe Tower.

Harganya mulai Rp.300 jutaan per unit. Monroe Tower merupakan bangunan kelanjutan dari Elvis Tower yang penjualannya telah selesai.

Terlepas dari itu, pada kesempatan berbeda, Tak cuma menyuguhkan 700 proyek perumahan yang berada diseluruh pelosok Tanah Air, namun fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang banyak diminati masyarakat juga tersedia di pameran Indonesia Properti Expo mulai 11 – 19 Februari 2017 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan mendatang.

Mengadopsi sistem murabahah, produk KPR Syariah ini memang menggunakan sistem hukum syariah. Diharapkan melalui layanan itu, calon konsumen properti dapat mengangsur dengan pembayaran kepada pihak Bank sesuai jumlah angsuran yang tidak berubah selama masa pembayaran.

Seperti diketahui, fasilitas KPR Syariah ini memiliki fitur tersendiri. Misalnya, angsuran yang tetap selama masa pembayaran. Proses permohonan KPR Syariah terbukti sangat mudah dan cepat.

Fleksibel untuk pembiayaan rumah baru atau seken. Jangka waktu pembiayaan yang panjang. Plafon pembiayaan maksimum 5 milyar Rupiah. Bisa autodebet dari tabungan Bank yang mempunyai fasilitas KPR Syariah.