Ilustrasi. (Foto: dok.inapex)
Ilustrasi. (Foto: dok.inapex)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Sebelum beli properti, sebaiknya harus pandai menganalisa harga melalui jenis tipe-tipe rumah yang akan dijadikan investasi. Pasalnya, tipe rumah sangat menentukan harga jualnya.

Agak lucu jika datang ke suatu marketing developer properti hanya dengan bekal duit buat beli rumah. Berikut ini adalah tipe-tipe rumah. Berikut INAPEX.co.id akan mengajak menganalisa harga rumah melalui beragam jenis tipe-tipe;

1. TIPE 21

Ini adalah tipe rumah terkecil. Luas bangunannya 21 meter persegi. Biasanya rumah dengan tipe ini memiliki dimensi 3 x 7 meter, 5,25 x 4 meter, atau 6 x 3,5 meter. Di kawasan strategis, harganya bisa mencapai Rp 300 juta.

Namun ada juga yang harganya hanya Rp 80 juta. Apalagi jika ada subsidi dari pemerintah. Biasanya rumah tipe 21 hanya terdiri atas 1 kamar. Yang jelas, rumah ini termasuk sederhana dalam soal pengaturan ruangan karena luas yang terbatas.

2. TIPE 36

Mereka yang berstatus pasangan baru sering berburu rumah tipe ini. Dimensi rumah tipe 36 umumnya 6 x 6 meter atau 9 x 4 meter. Harganya bisa menembus Rp 400 juta jika banyak faktor pendukungnya, terutama lokasi. Yang termurah biasanya sekitar Rp 100 juta. Rumah tipe 36 umumnya punya 2 kamar tidur. Tapi ada juga yang hanya dilengkapi 1 kamar.

3. TIPE 45

Rumah tipe 45 termasuk favorit orang Indonesia. Khususnya dari kalangan menengah. Sebab, harganya terbilang terjangkau namun lumayan luas. Dengan dimensi 6 x 7,5 meter, rumah tipe 45 cukup lapang untuk dihuni 1 keluarga dengan 1-2 anak. Harganya yang paling murah sekitar Rp 200 juta. Yang kualitasnya lebih oke, harganya bisa mencapai Rp 500 juta.
Rumah tipe ini umumnya memiliki 2 kamar.

4. TIPE 54

Warga dari kelas menengah-atas biasanya berburu rumah tipe ini. Rumah tipe 54 biasanya memiliki dimensi 13,5 x 4 meter atau 9 x 6 meter. Ukuran dimensi itu membuat rumah tipe 54 bisa dilengkapi sampai 3 kamar. Ada juga yang hanya punya 2 kamar.

Tapi terdapat taman yang cukup lapang. Harga rumah ini biasanya Rp 300 jutaan di tempat tertentu. Di daerah
permukiman favorit, harganya bisa sampai Rp 800 juta.

5. TIPE 60

Dengan ukuran luas 60 meter persegi, rumah tipe ini akan terasa lapang. Satu rumah bisa terdiri atas 3-4 kamar. Namun tentu kelebihan ini seiring dengan harganya. Banderol rumah ini bisa menembus Rp 900 juta. Tapi di beberapa daerah harganya bisa Rp 400 jutaan saja.

6. TIPE 70

 

Ilustrasi. (Foto: dok.inapex)
Ilustrasi. (Foto: dok.inapex)

 

Memiliki luas 70 meter persegi, rumah tipe 70 lebih sering diburu warga dari kalangan atas. Harganya bisa sampai miliaran rupiah. Yang termurah mungkin sekitar Rp 500 juta. Yang pasti, rumah ini bisa dihuni keluarga beserta orang tuanya. Pasangan baru bisa juga tinggal di sini, tapi dengan status numpang di rumah ortu. Rumah tipe 70 bisa dibikin 1 lantai.

Tapi banyak juga yang mendesain rumah tipe ini dengan 2 lantai, sehingga ruangan bisa lebih banyak. Itulah tipe-tipe rumah di Indonesia. Rumah bertipe di atas umumnya dipasarkan dalam satu kompleks. Jadi, jangan cari rumah tipe-tipean sepertiĀ itu di area perkampungan.