8 Aturan Desain Rumah Yang Boleh di Langgar
Desain Rumah (Foto: dokmanamura)

 

INAPEX.co.id, – Menurut interior desainer profesional, ada sejumlah “aturan” boleh dilanggar dalam mendekorasi ruangan.

Pasalnya, untuk Anda yang memahami sedikit mengenai desain interior, mungkin akan mengikuti aturan yang ada.

Misalnya, setiap kayu mesti dipoles dengan finishing yang sama atau setiap perabot ruang keluarga mesti sesuai satu sama lain. Namun, Berikut ini 8 ulasan aturan yang bisa dilanggar.

1. Logam tak harus dengan logam

“Sebagian besar klien saya berpikir, mereka memiliki keran dari krom, maka mereka harus memiliki benda krom juga atau perangkat keras dari perak di dapur mereka,” jelas Direktur Kreatif Homepolish, Orlando Soria.

Bagi Soria, seharusnya tak usah takut untuk memadukan logam dengan perangkat lainnya. Ia mengaku sering menggunakan kabinet kuningan dengan perlengkapan wastafel dari krom dan baja anti-karat.

Mempunyai benda dari krom atau baja anti karat di dapur tak berarti bahwa setiap logam lain di dalam ruangan berbahan sama.

2. Meja rias tak selalu di kamar tidur

“Saya suka menempatkan meja rias di seluruh rumah. Mereka menambahkan penyimpanan yang besar. Hal itu menimbulkan rasa nyaman dan praktis untuk ruang apapun,” jelas Soria.

3. Lukisan tidak harus digantung

“Ini adalah aturan konyol! Kami sering memilih seni disandarkan pada dinding atau diletakkan secara berlapis di meja,” Kapito Muller Interiors, Alyssa Kapito dan Vivian Muller.

4. Tidak perlu serasi

“Aturan desain yang paling harus dilanggar adalah bahwa Anda perlu mencocokkan segalanya,” tutur pendiri Alexandra Kaehler Design, Alexandra Kaehler.

Menurut Kaehler, penjajaran dua hal yang kontras akan membuat interior lebih menarik. Misalnya, pencampuran antara tinggi dan rendah perabotan, feminin dengan maskulin, atau bulat dan persegi akan membuat ruang khusus.

5. Jangan terpaku pada proporsi dan skala

“Saya tidak berpikir proporsi dan skala diperlukan untuk mendikte desain,” tutur pendiri Dani Arps, Danielle Arps.

Ia percaya, furnitur kebesaran di ruang kecil, berpotensi bisa mempunyai efek luar biasa.

Bahkan jika suatu ruang dikatakan hanya cocok untuk sofa ukuran apartemen, sebaliknya itu bisa jadi mencolok dengan meletakkan dua kursi lengan skala besar sebagai gantinya.

Pertimbangkan juga lampu besar. Sebuah perlengkapan besar di atas meja ruang makan bisa terlihat fantastis.

6. Seni tak harus sejajar

“Kadang-kadang melanggar aturan dengan skala, ukuran, dan penempatan karya seni dapat menggambarkan suasana sedikit tidak hormat, tetapi seringnya membuat ruangan tampak istimewa,” jelas pendiri Style by Emily Henderson, Emily Henderson.

Pertimbangkan untuk memposisikan karya seni seperti lukisan berukuran kecil di atas tempat tidur besar, atau menempatkan sesuatu di ambang pintu.

7. Jangan hindari warna berani pada trim dan molding

“Orang sering berpikir tidak dapat menggunakan warna cat berani pada trim atau pinggiran yang biasa ditemukan pada bagian langit-langit,” kata Gimme Shelter Designs, Amanda Gorski.

Sebaliknya, Gorski mengaku senang melihat sebuah ruangan dengan warna berani di salah satu bagian.

Salah satu cara untuk menerapkannya tanpa terlihat terlalu berani ialah dengan memilih satu warna yang lebih hidup dari semua ruangan dan memakainya sebagai nada warna untuk pinggiran.

Dengan cara ini, warna berani pada pinggiran masih mengikat ke seluruh ruangan namun terlihat acak.

8. Mengecat langit-langit selain putih

“Saya tidak berpikir Anda harus melukis langit-langit dengan putih, karena terlihat membosankan,” tutur Desainer Interior, Miles Redd.

Redd menegaskan, langit-langit merupakan dimensi keempat. Cobalah mengecatnya dengan biru pucat, nila, atau dengan garis-garis.