Ilustrasi. (Foto: pixabay)

JAKARTA, INAPEX.co.id – Sedikitnya ada 5 alasan kenapa kamu wajib punya rumah sendiri. Salah satunya, tentang usia yang dinilai sangat efektif kapan saatnya harus segera punya rumah.

Apalagi, saat lulus kuliah, sekarang waktunya merasakan realitas kehidupan. Ada saatnya, ketika hidup tidak lagi dibantu orang tua, saat inilah Anda yang berpikir ke depan ingin mengetahui cara cepat punya rumah.

Di usia pekerja baru seperti ini, kendati sudah telah mempunyai penghasilan sendiri, mungkin gaji Anda masih di level awal sehingga memerlukan pengelolaan matang. Supaya finansial selalu bagus, berikut 5 alasan wajib punya rumah sendiri;

1.CATATAN PENGELUARAN

Alasan pertama yang menjadi catatan khusus yaitu soal pengeluaran tetap disetiap bulan. Dana tersebut biasanya meliputi sekitar 30-40 persen dari penghasilan. Dengan mencatat seluruh pengeluaran di awal, kelak Anda akan lebih mudah mengestimasi jumlah uang yang bisa di tabung setiap bulannya. Mencatat pengeluaran juga dapat menjadi pengingat kita supaya tak memakai uang secara berlebihan.

2. SISTEM OUTDEBET

Kemudian suitnya menabung juga menjadi alasan kedua. Biasanya selalu terhalang dengan keinginan diluar rencana awal. Agar bisa rutin menabung, sebaiknya Anda membuka tabungan khusus berjangka yang memakai skema autodebet.

Lakukan autodebet saat memperoleh gaji. Dengan begitu, Anda tak akan lupa untuk menabung. Bila sejak awal telah menerapkan skema ini, bukan tak mungkin Anda akan bebas finasial di usia 30 tahun.

3. STOP BELANJA

Hal ini biasanya akan sulit diterapkan untuk para wanita. Apalagi jika sedang musim diskon. Namun cobalah berkorban di awal, untuk membuahkan hasil yang memuaskan. Tahan keinginan belanja selama enam bulan pertama gajian sehingga gaji mutlak digunakan hanya untuk pengeluaran tetap.

Alokasikan dana belanja untuk menabung hanya selama enam bulan. Dijamin dengan menyisihkan dana belanja, tabungan di rekening akan membengkak.

4. BAWA BEKAL

Tidak hanya menahan belanja, Anda juga harus mengirit pengeluaran dengan membawa bekal ke kantor. Terdengar sepele, akan tetapi sangat ampuh untuk pekerja pemula. Ada sejumlah perusahaan memberikan uang makan dan transportasi untuk karyawannya.

Bila Anda membawa bekal ke kantor setiap hari, uang makan bisa dialokasikan untuk tabung setiap bulan. Lumayan, kan?

5. INVESTASI

Investasi saat ini tidak hanya untuk pekerja dengan level jabatan tinggi dengan gaji besar. Sebagai pekerja pemula, Anda juga bisa ikut berinvestasi. Apalagi kini telah banyak produk-produk investasi terpercaya yang memberikan minimum premi sangat terjangkau. Untuk pemula dapat mengikuti produk investasi reksa dana pasar uang.

Jenis investasi tersebut dapat dimulai hanya dengan setoran Rp.100 ribu setiap bulan. Biasanya investasi memberikan keuntungan lebih besar dibanding hanya menyimpan uang di bank dengan bunga flat per tahun.