Ribuan Unit Rumah di Citra Maja. (Foto: CMR)

JAKARTA, INAPEX.co.id – Sedikitnya ada 13 ribu unit rumah diserah terimakan di Kota Baru CitraMaja Raya (2.600 ha) di Maja, Lebak, Banten.

Proyek hasil besutan pengembangan PT Ciputra Residence Tbk (Ciputra Group) tengah membangun dan menyerah-terimakan unit rumahnya yang berada di 27 klaster.

Hingga berita ini diturunkan, lebih dari 6.000 unit rumah sudah diserahterimakan dan sebanyak 500 unit telah dihuni.

“Seiring perkembangan di proyek ini kami juga sudah mulai membangun sport club dengan fasilitas kolam renang menghadap danau, function room, dan lainnya yang akan beroperasi Januari tahun depan. Februarinya kami akan memulai pembangunan waterpark di sebelah sport club,” ujar Yance Onggo, Associate Director Ciputra Residence, saat kunjungan media ke Citra Maja Raya, baru-baru ini.

Yance mengatakan akan mulai dibuka klaster ke-28 dengan tetap menawarkan rumah seharga Rp100 jutaan.

Persisnya harga yang ditawarkan Rp168 juta untuk tipe 22/60. Harganya lebih mahal dibandingkan harga perdana yang Rp130 jutaan tapi spesifikasi bahan bangunannya lebih baik dengan tinggi plafon mencapai 4 m.

Berikutnya adalah pembangunan fasilitas komersial Eco Plaza. Saat ini sudah mulai diserah-terimakan 600 unit ruko.

Range harga rumah di CitraMaja Raya juga sudah mulai meningkat mencapai Rp500 jutaan kendati 80 persen porsinya masih untuk rumah seharga Rp100 jutaan.

Sedikitnya 70% konsumennya berasal dari sepanjang jalur kereta komuter Jakarta-Maja dengan terbanyak dari Serpong, Tangerang, dan Jakarta Barat.

“Tahun depan kami mulai memasarkan rumah bersubsidi sebanyak 1.000 unit. Peningkatan jalur kereta komuter di jalur ini in line dengan peningkatan penjualan kami. Yang tinggal di sini banyak yang kerja di Rawa Buntu, Serpong, hingga Tanah Abang. Dengan kereta lebih presisi. Yang kerja di Jakarta berangkat jam 6.15, jam tujuh malam sudah sampai rumah lagi,” katanya.

Terlepas itu, investasi dengan keuntungan yang sangat menggiurkan ditawarkan oleh pengembang proyek Apartemen Skandinavia.

Pengembang tersebut yaitu PT Pancakarya Griyatama pandai membidik propek dikawasan terpadu di Tangerang City (TangCity/10,9 ha) di Jalan Jenderal Sudirman, Cikokol, Kota Tangerang, Banten.

Kemudian, investasi yang ditawarkan adalah tower apartemen Skandinavia (1,8 ha/1 tower/1.065 unit).
Apartemen yang akan diserahterimakan pada Desember 2018 tersebut menawarkan unit Alter Ego untuk disewakan yang akan dikelola oleh Fika Room.

Tahap pertama diserah-terimakan 100 unit. Selanjutnya berturut-turut 200 unit per bulan hingga selesai seluruhnya pertengahan tahun 2019.

Sebelumnya di TangCity sudah beroperasi hotel Novotel untuk menginap. Direktur PT Pancakarya Griyatama Sugiyanto Lie, menjelaskan, Fika Room dihadirkan sebagai substitusi hotel Novotel yang okupansinya selalu penuh.

“Novotel TangCity ada 266 kamar. Sebanyak 150-an kamar sudah disewa jangka panjang oleh tiga perusahaan airline. Sebanyak 60 kamar disewa bos-bos perusahaan di sekitar kawasan. Jadi, kita sediakan 400 unit Alter Ego di apartemen Skandinavia karena potensi sewanya besar,” katanya Sugiyanto, di TangCity akhir pekan lalu.