100 Ribu Rumah Murah Bisa Disediakan Pengembang Indonesia
Rumah Murah (Foto: kotamegaregencycikarang)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Organisasi pengembang perumahan, Pengembang Indonesia (PI) mematok target ambisius dalam memasok perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) tahun 2018.

Jika tahun 2017, PI mematok target antara 20.000 sampai 30.000 rumah bisa terbangun, pada tahun depan mereka mematok lebih tinggi yaitu 100.000 unit.

“Minimal 50.000 unit, tapi mudah-mudahan bisa 100.000 unit,” yaitu Ketua Umum Pengembang Indonesia (PI) Barkah Hidayah kepada pers, Selasa (1/8).

Kini, jumlah anggota yang sudah bergabung ke dalam organisasi mencapai 300 pengembang.

Dengan asumsi setiap pengembang membangun 100 rumah di atas lahan seluas satu hektar setiap tahunnya, maka dalam setahun anggota PI bisat menghasilkan 30.000 rumah.

“Sedangkan, banyak pengembang kan ada yang membangun di atas satu hektar, jadi amat mungkin (jumlah unit meningkat) dua hingga tiga kali lipat,” tuturnya.

Dengan asumsi ini, Barkah menuturkan bahwa maka PI setidaknya bisa menyumbang sepertiga dari target rumah yang ingin dibangun pemerintah pada tahun ini.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebelumnya merevisi target pembangunan rumah, dari 345.000 unit jadi 279.000 unit.

Revisi target dilakukan dengan mempertimbangkan kemampuan pengembang dalam menyediakan rumah di daerah.

Terlepas dari itu, pada kesempatan berbeda, Bekasi, kawasan yang menjadi ujung tombak dari perkembangan bisnis industri di daerah dekat provinsi Jawa Barat ini memiliki luas wilayah 1.419 km2 dengan jumlah penduduk lebih dari 8,4 juta jiwa.

Kota ini menjadi primadona bagi para pemburu properti, sebab selain dekat dengan Jakarta, Bekasi juga menjadi wilayah strategis yang masuk dalam proyek pemerintah berskala nasional. Salah satu kawasan yang jadi incaran yakni Cibitung.

Imbas dari berlimpahnya kegiatan industri di Cibitung menjadikan wilayah ini memiliki kebutuhan hunian yang sangat tinggi namun belum terakomodasi dengan baik.

Pengembangan yang dilaksanakan secara besar-besaran di kawasan Cibitung terlihat pada rencana strategis Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun Pemerintah Kabupaten Bekasi yang saat ini tengah mempersiapkan proyek infrastruktur, seperti transportasi massal Light Rail Transit (LRT), Mass Rapid Transit (MRT), pembangunan ruas Toll JORR 2 juga dilakukan. Ada pula proyek jalan Toll Jakarta-Cikampek II (elevated).

Cibitung juga diuntungkan dengan hadirnya pembangunan proyek dua bandar udara bertaraf internasional yang akan dibangun di daerah Kertajati dan Karawang.

Untuk angkutan laut, Pemerintah rencananya membangun pelabuhan Patimban bertaraf internasional di Subang Keseluruhan proyek ini direncanakan akan selesai dalam beberapa tahun ke depan.

Tidak hanya infrastruktur yang semakin baik, Bekasi diprediksi mempunyai potensi pada sektor industri. Kawasan industri di Kabupaten Bekasi adalah lokasi dari 4.000 perusahaan yang memperkerjakan 21.000 ekspatriat.

Segala kelebihan yang ditawarkan Bekasi membuat nilai investasi pada Kota tersebut akan terus meningkat setiap tahunnya, pada 2016 saja, nilai investasi Kota Bekasi tercatat sebanyak Rp.43, 7 triliun.

Membutuhkan Rumah Yang Pas Dikantong?

Tanggal 11 sampai 20 Agustus 2017 nanti, pameran properti ini diselenggarakan PT Adhouse Indonesia Cipta. Acaranya sendiri akan berlangsung di  Jakarta Convention Center Senayan.

Dalam pameran ini, harga rumah yang ditawarkan mulai dari Rp.126 Juta hingga miliaran. Maka dari itu, mulai dari kalangan MBR, kalangan menengah dan kalangan atas bisa mencari hunian yang dibutuhkan, baik untuk dipakai sendiri maupun investasi.

Melalui pameran ini, Bank BTN berharap dapat menjadi wadah dalam mempertemukan antara pengembang dengan masyarakat yang tengah memerlukan rumah.

Bagi pengunjung yang membeli properti apa saja di pameran, BTN akan memberikan 17 kemudahan diantaranya:

  • Suku Bunga / Margin Murah, 5.00 % (Fixed 1 Th & Cap 2 Th), 6.50 % (Fixed Rate 3 Th),
  • Uang Muka Ringan,
  • Diskon Provisi 50%,
  • Diskon administrasi 50%,
  • Diskon premi asuransi 20%,
  • Satu hari persetujuan KPR,
  • Pengajuan aplikasi KPR bisa dilakukan via online,
  • Program KPR bundling furnitur dan kendaraan bermotor, dan sebagainya.