Ilustrasi. (Foto: dok.inapex)

JAKARTA, INAPEX.co.id РTernyata banyak faktor prioritas yang menjadi pertimbangan hingga mempunyai alasan tersendiri saat beli rumah di Indonesia Properti Expo (IPEX) yang akan berlangsung pada 22 Р30 September 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. Faktor tersebut dirangkum menjadi 10 alasan yaitu;

1. LOKASI

Sebelum berkunjung ke lokasi pameran properti, sebaiknya bermusyawarah terlebih dahulu dengan pasangan maupun keluarga untuk menentukan pilihan rumah yang akan dibeli di event IPEX. Karena mereka juga nantinya tinggal di rumah tersebut.

Kemudian, mengenai kriteria lokasi rumah yang bagaimana yang diharapkan sebagai tempat tinggal yang nyaman. Misalnya, sebuah keluarga terdiri dari suami, istri, dan dua orang anak ingin lokasi rumah tempat tinggal yang dekat dengan tempat kerjanya.

Sementara Istri menginginkan lokasi rumah tempat tinggal yang dekat dengan pusat perbelanjaan.

Selanjutnya, anak-anak menginginkan lokasi rumah yang dekat dengan sekolah mereka. Dari hasil musyawarah dengan keluarga, dapat disimpulkan lokasi rumah harus bisa diakses secara keseluruhan oleh anggota keluarga.

2. LINGKUNGAN

Poin selanjutnya yang menjadi alasan beli rumah di IPEX yaitu dari faktor lingkungan. Dari ratusan proyek yang ditawarkan di pameran tentu banyak menawarkan beragam jenis kemudahan.

Diantaranya dengan persoalan keamanan dan tidak rawan bencana di lingkungan yang akan dijadikan sebagai rumah tinggal.Caranya yaitu bertanya terlebih dahulu kepada orang-orang disekitar mengenai kemanan dilingkungan tersebut.

Lebih baik lagi jika dilokasi itu ada sitem keamanan yang rutin seperti satpam atau ronda malam. Faktor itu termasuk memastikan lokasi rumah tempat tinggal yang dipilih tidak rawan bencana seperti banjir, gempa bumi, tanah longsor, kebakaran dan sebagainya.

3. AKSES
Akses menuju transportasi publik merupakan salah satu pertimbangan juga saat beli rumah di pameran properti.

Memilih lokasi rumah tempat tinggal yang memiliki akses jalan keluar masuk yang cukup baik, lebar jalan minimal 4 meter, semenisasi, dan jalan itu sering dilintasi orang, bukan jalan buntu.

Lokasi tempat tinggal yang mempunyai Akses jalan yang baik, dekat dengan fasilitas umum, banyak dilintasi kendaraan umum, dan bukan di ujung jalan (buntu).

Akses jalan yang tidak terlalu jauh dari berbagai fasilitas umum, seperti pasar, sekolah, rumah ibadah dan pusat keramaian lainnya. Memilih lokasi rumah tempat tinggal di persimpangan jalan bisa jadikan Alternatif selanjutnya.

4. INFRASTRUKTUR

Alasanya berikutnya saat beli rumah di pameran IPEX yaitu harus bisa memperhatikan kondisi Infrastruktur dan fasilitas sekitar rumah yang ingin dibeli.

Diantaranya, mempunyai memiliki beragam fasilitas pendukung yang cukup lengkap disekitar rumah tersebut. Mulai dari pusat perbelanjaan, rumah sakit, tempat bermain maupun lokasi wisata.

Selain daripada fasilitas diatas, terdapat infrastruktur baru yang akan menambah nilai properti. Misalnya, tidak jauh dari Terminal, Bandar Udara, maupun ketersediaan infrastruktur jalan tol baru.

5. HARGA

Kemudian, alasan berikutnya saat beli rumah di pameran yang menjadi pertimbangan yaitu soal harga per meter persegi. Jika lokasi rumah yang diinginkan sudah pasti untuk dibeli jangan lupa perhatikan soal harga per meternya. Lokasi rumah tempat tinggal dengan harga wajar dan terjangkau.

Sesuaikan Harga Tanah/lahan untuk lokasi rumah tempat tinggal yang anda inginkan dengan harga pasaran, pastikan harganya masih normal dan masuk akal.

6. LUAS BANGUNAN

Tipe hunian biasanya dibedakan berdasarkan sejumlah faktor. Diantaranya, dibedakan berdasarkan jenis bangunan, seperti rumah tapak, ruko, apartemen, rumah susun, dan sebagainya. Lalu ada yang dibedakan berdasarkan desainnya, serta ada yang berdasarkan ukuran luas bangunannya.

Berbicara mengenai tipe hunian untuk rumah tapak berdasarkan ukurannya, umumnya developer membedakannya ke dalam 6 tipe, yakni tipe 21, 36, 45, 54, 60, dan 70. Keenam tipe tersebut adalah yang umum didesain untuk rumah modern minimalis.

7. DESAIN

Alasan selanjutnya yaitu tentang beragam desain dan konstruksi rumah yang menjadi banyak pilihan di IPEX ini. Peserta pameran IPEX menawarkan beragam jenis desain mulai rumah minimalis hingga rumah mewah.

Apalagi, rumah yang ditawarkan para developer dapat diubah desainnya hingga lebih menarik dan fungsional sesuai keinginan pembeli. Struktur atap dan bangunan juga terlihat menawan dengan sentuhan modern yang klasik.

8. FASILITAS

Fasilitas dalam lingkungan properti juga menjadi alasan tersendiri saat beli rumah di pameran IPEX.Fasilitas lingkungan favorit

Pembeli rumah belakangan ini banyak mencari rumah yang memiliki area hijau dan jalur khusus untuk berjalan, berlari dan bersepeda (jogging track).

Jadi, tak heran jika hampir semua perumahan baru menawarkan kedua fasilitas ini sebagai standar fasum.

Faktanya, dalam pameran IPEX, kedua fasilitas tersebut memang berada di urutan pertama dan kedua. Fasilitas favorit tersebut yaitu, taman dan ruang hijau, jalur khusus untuk berjalan, lari kecil (jogging) dan bersepeda.

Kemudian, fasilitas selanjutnya adalah keberadaan sederet ruko dan kafe untuk berkumpul dan bersosialisasi. Kolam renang outdoor yang didesain sebagai clubhouse. Area olahraga seperti lapangan basket, lapangan futsal, atau pusat kebugaran.

9. PENGEMBANGAN

Rencana pengembangan area ternyata juga menjadi alasan dan pertimbangan sendiri bagi konsumen properti. Pengembangan area yang dibangun secara bertahap memungkinkan setiap orang membangun rumah sesuai skala prioritas, sehingga pembiayaan pembangunan pun tidak serta merta menjebol kantong.

Kendala pendanaan biasanya menjadi faktor utama untuk merenovasi rumah atau membangun rumah baru. Sebenarnya, kendala ini bisa diatasi dengan konsep model rumah tumbuh.

Dengan teknologi tersebut penyediaan perumahan ditargetkan dapat menjangkau kebutuhan rumah layak huni bagi masyarakat bawah.

10. KESIAPAN

Alasan terakhir saat beli rumah ketika mempersiapkan untuk menempati. Setelah impian membeli rumah idaman akhirnya tercapai, tentu excited untuk menempati rumah baru. Menempati rumah baru memang menyenangkan, namun tentu saja jangan sampai terlena karena saking senangnya.

Ingat, banyak persoalan yang harus dilakukan setelah pindah ke rumah baru. Bereskan terlebih dahulu dokumen penting, sortir barang pindahan, mengatur tata letak furnitur, bersihkan seluruh rumah, serta persiapkan dekorasi kamar tidur. Setelah bisa membereskan kesiapan itu, Anda pun bisa bersantai dengan tenang dan nyaman di rumah baru.