• Inapex

    Wujudkan Program Sejuta Rumah 2018, BTN Tetap Salurkan KPR Subsidi

  • Oleh
  • Rabu, 10 Jan 2018
  • 2018, BTN berharap tetap bisa salurkan KPR Subsidi. (Foto: dok.inapex)

     

    BOGOR, INAPEX.co.id – Untuk mewujudkan program sejuta rumah yang telah dicanangkan pemerintah, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) berharap tetap bisa menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR) melalui skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) ditahun 2018 ini.

    Selain program subsidi selisih bunga (SSB), melalui skema FLPP itu BTN membidik 660 ribu rumah mulai awal 2018. “Semoga BTN diberikan izin untuk dapat kembali menyalurkan FLPP mendampingi bank lain untuk mendukung program pemerintah tersebut,” ujar Direktur Utama BTN Maryono dalam focus group discussion (FGD) dan media gathering di Bogor, belum lama ini.

    Lebih lanjut dikatakan Maryono, BTN hingga saat ini sudah menyalurkan KPR lebih dari 1,61 juta rumah sejak dicanangkannya program satu juta rumah pada April 2015 silam. Bahkan, KPR itu termasuk berskema FLPP.

    “Kami tetap berkomitmen mendukung Program Satu Juta Rumah. Kami membuka ruang untuk dapat menyalurkan FLPP pada agar semakin banyak masyarakat yang bisa memiliki rumah,” tambah Maryono lagi.

    Kemudian, Dirjen Pembiayaan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lana Winayanti, sebelumnya menggandeng 40 bank nasional dan daerah untuk menyalurkan FLPP 2018.

    Apalagi, diharapkan dari 40 bank tersebut akan menyalurkan FLPP 2018 sekitar Rp 4,5 triliun. BTN tidak termasuk di dalam daftar 40 bank yang nota kesepahamannya (MoU) ditandatangani di Jakarta, baru-baru ini.

    “Kami berharap kerja sama dengan 40 bank penyalur KPR FLPP ini target pemerintah untuk memberikan subsidi sekitar 42 ribu rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) bisa tercapai untuk tahun depan,” kata Lana Winayanti, di sela penandatanganan MoU.

    Lebih lanjut dikatakan Lana, anggaran sebesar Rp 4,5 trilun yang dikeluarkan pihaknya terdiri atas Rp 2,2 triliun berasal dari DIPA Kementerian PUPR. Lalu, sebesar Rp 2,3 triliun dari hasil optimalisasi pengembalian pokok FLPP.

    Sementara itu, PT. Adhouse Clarion Event kembali menggelar pameran reguler yang bertajuk Indonesia Properti Expo (IPEX) 2018 akan berlangsung pada 03 – 11 Februari 2018 di Hall A dan Hall B Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

    Dalam event pameran properti terbesar di Asia Tenggara tersebut, menampilkan beragam proyek properti idaman mulai dari rumah tapak, apartemen, ruko, rukos, villa, hingga tanah kavling.

    Jumlah total properti yang ditawarkan mencapai ratusan proyek yang tersebar diberbagai daerah di Indonesia dengan harga promosi sangat bervariatif mulai dari rumah subsidi hingga hunian komersil.

    Pameran properti yang diadakan berkat kerjasama dengan bank BTN tersebut memang bisa dijadikan moment yang tepat untuk membeli properti, karena selain menampilkan beraneka ragam proyek properti, melalui event tersebut calon pembeli properti juga bisa memperoleh harga promosi yang menarik.