• Inapex

    UKM di Kecamatan Cimalaya Wetan, Dapat Bantuan Modal Rp.50 Juta

  • Oleh
  • Jumat, 26 Jan 2018
  • Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI Eko Putro Sandjojo. (Foto: dok.inapex)

     

    KARAWANG, INAPEX.co.id – Tak hanya disektor properti yang terus digenjot dikawasan industri Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Namun, untuk memuluskan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kecamatan Cimalaya Wetan, juga mendapat bantuan modal sebesar Rp.50 juta.

    “Beliau memberikan bantuan modal Rp 50 juta. Kami berharap melalui bantuan ini bisa dikelola melalui simpan pinjam dengan bunga yang seminim mungkin agar dapat menghidupkan UKM di Kecamatan Cilamaya Wetan,” ujar Wakil Bupati Karawang H. Ahmad Zamakhsyari saat menerima langsung kunjungan kerja Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Eko Putro Sandjojo di Desa Mekarmaya, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang, baru-baru ini.

    Dalam kunjungan itu, juga terlihat hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Ade Sudiana, Camat Cilamaya Wetan Hamdani dan 12 Kepala Desa, Kapolsek Cilamaya, Danramil Cilamaya, serta para petani.

    Selain bantuan modal, Kemendes Eko Putro Sandjojo juga menyerahkan bantuan penggilingan padi digital (modern) kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Berkah Bersama dengan di tandai penandatanganan diatas batu prasasti. Menurutnya, bantuan penggilingan padi digital¬†tersebut mampu memproduksi 1,5 ton beras per jam. “Saya berharap bantuan tersebut bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Eko Putro Sandjojo.

    Baca Juga :
    Kementerian PUPR Capai Target PSR, Melalui Inovasi Teknologi

    Selain itu, Eko Putro Sandjojo berpesan agar penggilingan padi tersebut bisa dirawat dengan baik.  Kemudian, Eko Putro Sandjojo juga meminta beras dikemas tidak terlalu besar agar masyarakat kecil dapat menikmati manfaat dari keberadaan alat produksi baru ini.

    Sementara itu, Kabupaten Karawang masih menjadi primadona bagi para investor, apalagi sangat prospektif disektor pariwisata maupun properti. Bahkan, hingga saat ini banyak investor yang berbondong-bondong datang ke Kabupaten Karawang Jawa Barat untuk menanamkan modalnya.

    Kabupaten Karawang merupakan salah satu wilayah yang cukup strategis di Indonesia, menjadi daerah harapan bagi masyarakat setempat dapat menciptakan kantong pertumbuhan ekonomi baru sesuai dengan arahan kebijakan pemerintah.

    Apalagi, kawasan industri saat ini menjadi salah satu prioritas pembangunan pemerintah. Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, saat ini terdapat sekitar 2.381,97 hektar lahan yang tengah dikembangkan menjadi sepuluh kawasan industri baru bertaraf nasional dan internasional di wilayah Jawa Barat.