Apartement-Cimanggis-City-Depok-Indonesia
Apartemen Cimanggis City ( foto : rumah.com)

DEPOK, INAPEX.co.idTren milenial 2018 yang ikut menginvestasikan disektor properti melalui uang Tunjangan Hari Raya (THR) pada momen Lebaran, diyakini bisa meningkatkan permintaan kredit apartemen.

Fenomena tersebut juga dirasakan oleh Kepala Cabang BTN Jakarta Pluit Fifi Adipati Hassan yang membenarkan, dibulan puasa Ramadhan sampai Lebaran tahun ini turut mendongkrak permintaan pembelian apartemen dengan skema KPA.

Perseroan optimistis menyasar segmen market menengah atas untuk apartemen harga menengah. Lebih lanjut dikatakan Fifi, bahwa perseroan memiliki program khusus Parsel KPR untuk produk KPR/KPA dengan penawaran bunga mulai dari 5% atau diskon asuransi jiwa sebesar 10%.

“Kami bahkan akan melakukan akad massal sebanyak 60 akad KPA pada awal Juni tahun ini dari apartemen Cimanggis City. Prospeknya sangat bagus untuk kawasan Depok dan sekitarnya karena ada beberapa kampus dan akses Tol Cijago yang membuat ramai aktivitasnya,” ujar Fifi saat ditemui buka puasa bersama di Apartemen Cimanggis City, Depok, Jawa Barat.

Kendati demikian, ia juga memiliki program Ketiban Duit THR yaitu program khusus untuk calon debitur Bank BTN dan Debitur Eksisting Bank BTN yang ingin mengagunkan rumahnya untuk mendapatkan uang THR lebih dengan menggunakan Kredit Agunan Rumah (KAR).

“Kami terus mendukung para developer rumah dan apartemen dengan program promo agar akad kredit bisa disegerakan di bulan Ramadhan atau lebaran nanti. Ini momen bagus,” paparnya.

Sebelumnya perseroan menyatakan hingga kuartal I – 2018, BTN mencatatkan penyaluran KPR Non-Subsidi di posisi Rp69,8 triliun.

Posisi itu naik sebesar 12,24% secara tahunan (year-on-year/yoy) dari Rp62,18 triliun di kuartal I – 2017. Dengan berbagai langkah strategis Bank BTN optimistis mampu mencatatkan pertumbuhan KPR Non-Subsidi di level 24% pada akhir tahun nanti.

Direktur Utama Cimanggis City Agus Susilo menambahkan, ada tren investasi dari generasi milenial untuk berinvestasi ke properti. Mereka sadar ini lebih menguntungkan daripada terus mengontrak.

Dengan gaji kisaran Rp7 juta sudah bisa memiliki apartemen di sekitar Depok. Tren positif ini berdampak hingga saat ini tercatat pembelian unit Cimanggis City sudah mencapai 50% dari 850 unit dengan rata rata penjualan bisa di atas 45 unit per bulan.

Tren pembelian apartemen saat ini masih mengandalkan KPA. Hal ini mengingat jangka waktu cicilan yang panjang dan promo bunga KPA cukup murah yang bisa mulai dari 8%. Pihaknya aktif menggandeng BTN dan BNI untuk kredit KPA.

“Bulan puasa ini kami dorong kepercayaan konsumen dengan progres konstruksi. Sehingga penjualan bisa semakin digenjot. Nanti targetnya bulan Oktober penjualan bisa di atas 70% karena sudah masuk melibatkan konstruksi utama. Sekarang masih tahap pemilihan kontraktor yang terbaik,” ujar Agus dalam kesempatan sama.

Cimanggis City melaksanakan proses pemancangan pertamanya pada hari minggu, 20 Mei 2018 di Jalan Raya Bogor, Cimanggis, Depok. Pemancangan ini adalah untuk tower pertama yang akan dibangun untuk memenuhi jadwal pembangunan yang tepat waktu.

Pada kesempatan ini, Cimanggis City juga mengundang anak yatim piatu dari lingkungan sekitar untuk ikut meramaikan dan merasakan kebersamaan keberkahan bulan suci Ramadhan. Beberapa customer yang hadir juga mendapatkan hadiah kejutan berupa paket umroh gratis yang diberikan manajemen Cimanggis City.

“Kami mengundang anak yatim piatu sebagai bentuk kepedulian sosial dan berjalannya program CSR terhadap lingkungan sekitar dibulan suci Ramadhan ini. Untuk hadiah kejutan bagi customer yang hadir adalah tanda terimakasih kami kepada para customer atas kepercayaannya memilih Cimanggis City sebagai hunian maupun pilihan investasinya,” tambahnya.

Agus mengutarakan bahwa percepatan pembangunan ini dibutuhkan tahap-tahap konstruksi yang baik untuk kelancaran pembangunan proyek apartemen tower pertama. Langkah awal diperlukan proses perataan tanah yang tidak rata karena kontur tanah yang naik turun di lokasi proyek sebagai persiapan pemancangan pondasi bore pile selanjutnya.

Saat ini unit Cimanggis City ditawarkan masih dengan harga terjangkau mulai dari 275 jutaan rupiah, harga ini sudah mengalami kenaikan cukup signifikan bila dibandingkan saat ditawarkan pertama kali pada tahun lalu yaitu sekitar Rp 200 jutaan untuk tipe studio.