Tips Mengenal Tanaman Untuk Pekarangan Rumah
Tips Mengenal Tanaman di Pekarangan Rumah (Foto: bibitbunga)

INAPEX.co.id, – Bagaikan sayur kurang garam, setidaknya pepatah itu seperti halaman rumah tanpa ditanami tanaman hias, terlihat kosong dan terkesan gersang.

Selain untuk menambah keindahan pada halaman dan rumah, menanam tanaman juga bisa berfungsi menghilangkan kepenatan pikiran dari kegiatan rutinitas Anda.

Oleh karena itu, manfaatkan bakat Anda jika memiliki hobi berkebun. Tersedianya taman yang asri di sekitar rumah ternyata selain mampu menyegarkan udara dan menambah keasrian di lingkungan tapi juga menyehatkan bagi setiap penghuninya.

Namun demikian harus berhati-hati memilih jenis tanaman hias untuk di pekarangan rumah Anda. Bahkan dibutuhkan pengetahuan soal karateristik kondisi di lingkungan rumah. Sebelum Anda memulai aksi dalam berkebun, sebaiknya kenali langkah-langkah sebagai berikut ini;

Agar rumah terasa sejuk dan teduh, maka pilihlah tanaman yang mempunyai ukuran cukup besar. Alasannya adalah pohon yang tumbuh di pekarangan rumah dapat menurunkan suhu udara dan sekitarnya mencapai 10 derajat celcius.

Akan tetapi, yang harus diperhatikan yaitu dalam memelihara jenis pohon yang besar ini upayakan akar tanaman tidak merusak konstruksi rumah dan saluran pipa yang terdapat pada rumah Anda.

Untuk melindungi dinding dari rumah sekaligus untuk mempercantik, dapat memanfaatkan tanaman jenis merambat melalui cara menggantung. Anda juga bisa memanfaatkan sebagai pengganti kisi-kisi ataupun tirai jendela.

Namun yang harus fokus cobalah berikan jarak yang cukup antara dinding rumah dengan tanaman rambat. Sehingga akan terjadi sirkulasi udara yang hadir di sela-sela pada bagian tengahnya.

Cobalah untuk menanam tanaman yang berukuran sedan, tujuannya adalah untuk memaksimalkan oksigen yang masuk ke dalam rumah. Rawatlah tanaman dengan memangkasnya secara menyeluruh, agar tinggi tanaman tetap konsisten sesuai dengan tinggi jendela.

Cara seperti ini sangat efektif pada oksigen yang terbawa oleh daun-daun yang bisa masuk ke dalam rumah. Pengaruh positifnya ruangan rumah Anda akan dipenuhi oleh oksigen dan juga mendapatkan sinar matahari.

Kemudian pilihlah tanaman yang khas dengan daerah tempat Anda tinggal, tujuanya agar tanaman cepat melalui proses adaptasi. Sehingga dalam perawatannya pun bisa berjalan secara lancar dan lebih sederhana.

Jika Anda memiliki halaman depan dan juga halaman belakang, sebagai daya tarik, mulailah untuk mencoba menanam tanaman yang menarik seperti Anggrek, Mawar dan tanaman bunga lainnya pada halaman depan rumah.

Kemudian untuk halaman belakang, ada baiknya Anda menanam tanaman seperti lidah buaya, kembang sepatu ataupun pisang kipas.

(jn)