• Inapex

    Ternyata Ini Keunggulan KPR Bersubsidi

  • Oleh
  • Rabu, 29 Nov 2017
  • ilustrasi. (Foto: dok.inapex)

     

    JAKARTA, INAPEX.co.id, – Ada berbagai keunggulan yang bisa diperoleh dari program KPR bersubsidi, di antaranya waktu cicilan yang fleksibel hingga mencapai 20 tahun, proses yang cepat dan mudah.

    Tak hanya itu, nilai DP yang ringan mulai dari 1%, perlindungan asuransi jiwa dan asuransi kebakaran serta bekerja sama dengan jaringan developer yang tersebar di seluruh Indonesia.

    Apalagi masyarakat banyak yang belum memahami tentang proses KPR ke bank, apalagi diharuskan untuk mengikuti tata cara pengajuan KPR yang ditetapkan oleh bank yang bersangkutan.

    Tak hanya persyaratan berupa kelengkapan identitas dan keterangan profesi pemohon, namun syarat KPR juga mencakup mengenai ketersediaan DP (down payment) untuk uang muka pembayaran rumah.

    Saat ini, nilai DP yang besar tidak lagi menjadi halangan untuk memiliki rumah pribadi. Karena, program KPR bersubsidi akan membantu mendapatkan rumah baru dengan proses dan syarat KPR yang lebih sederhana.

     

    Ilustrasi. (Foto: Dimas)

    Kemudian untuk FLPP atau Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Rumah merupakan program hasil kerjasama antara pemerintah dan sejumlah bank di Indonesia, diantaranya termasuk bank BTN. Program KPR sejahtera bersubsidi FLPP ini bertujuan untuk meringankan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang berkeinginan bisa memiliki rumah pribadi layak huni.

    Baca Juga :
    Pertumbuhan KPR Naik Hanya 7 Persen, Ini Sebabnya

    Dengan demikian, MBR bisa memiliki rumah layak huni dengan nilai DP ringan dan cicilan flat selama jangka waktu pelunasan yang telah disepakati.

    KUNGGULAN KPR SUBSIDI

    Kerja sama dengan jaringan developer tersebut membuat Anda bebas memilih rumah di berbagai lokasi perumahan bersubsidi di Indonesia. Sehingga, hal ini memudahkan Anda untuk memilih lokasi rumah yang strategis dan dekat dengan tempat kerja atau lokasi bisnis agar lebih efisien dan menghemat waktu saat beraktivitas.

    SYARAT KPR SUBSIDI

    Syarat pengajuan KPR bersubsidi tergolong mudah bila dibandingkan dengan program KPR lainnya. Setiap WNI yang sudah berumur minimal 21 tahun dan belum memiliki rumah atau belum pernah menerima subsidi pemerintah untuk proses pemilikan rumah, dapat mengikuti program KPR bersubsidi. Di samping itu, pemohon KPR bersubsidi juga wajib mengikuti program BPJS ketenagakerjaan minimal 1 tahun.

    Dengan syarat penghasilan maksimal 4 juta rupiah untuk rumah tapak dan maksimal 7 juta rupiah untuk rumah sejahtera susun, WNI yang sudah bekerja atau memiliki usaha minimal selama 1 tahun bisa segera mengajukan KPR bersubsidi. Syarat yang mengatur penghasilan ini membuat program KPR bersubsidi bisa menjangkau target yang tepat, yakni MBR yang belum memiliki rumah pribadi.