1.600 Pengemudi Go-Jek Ajukan KPR Mikro Dengan DP 1 Persen
Pengemudi Go-Jek (Foto: tribunnews)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id – Siapa bilang pekerja ojek online tak bisa membeli properti? Ternyata rasa kecewa bagi para pekerja sebagai ojek online maupun sopir taksi tersebut hingga saat ini terus menghantui.

Namun, ini merupakan kabar gembira bagi mereka yang ingin mewujudkan impiannya bisa memiliki rumah sendiri. Diantaranya inilah sebuah langkah positif yaitu dengan menginvestasikan sisa uang penghasilan Anda ke tabungan Bank Tabungan Negara (BTN).

Caranya, langkah pertama cukup mengunjungi Kantor Cabang Bank BTN terdekat untuk membuka rekening tabungan. Sedikitnya, Anda harus membawa uang sekitar 2 juta untuk setoran awal. Lalu Anda sebagai pekerja ojek online maupun sopir taksi sekaligus menjadi nasabah di Bank BTN.

Kemudian untuk mengawali perencanaan keuangan kepemilikan rumah Bank BTN dengan setoran lanjutan relatif ringan Rp 100 ribu. Pola hidup menabung tersebut dapat terus diterapkan hingga uang Anda bisa mencukupi untuk membeli rumah layak huni.

Seperti diketahui, membeli properti rumah kesulitannya diantaranya tidak tersedianya uang pas ketika penjualan rumah menggunakan sistem kontan.

Selain itu, rasa pesimis lain yang dirasakan pekerja tidak tetap ini yaitu terkendala dikelengkapan persyaratan. Seperti tidak memiliki slip gaji, penghasilan tidak tetap, serta tidak bisa melampirkan surat keterangan dari tempatnya bekerja.

Sementara harga rumah tidak seperti harga furniture maupun barang elektronik yang bisa dijangkau cuma dibawah 10 jutaan. Namun, harga properti rumah bisa mengorek semua isi tabungan hasil bekerja selama 10 tahun.

Bila tidak ada perencanaan keuangan maupun persediaan tabungan, tentu akan lebih menyulitkan lagi di saat tidak tersedia sistem kredit rumah. Kendati demikian, jika menunggu uang terkumpul, justru harga properti rumah bisa lebih mahal lagi untuk waktu kedepannya.

Namun demikian, adanya tabungan perumahan BTN, diharapkan menjadi solusi serta memungkinkan semua orang bisa berencana memiliki rumah dengan mudah. Bahkan termasuk bagi para pekerja ojek online, sopir taksi hingga pekerja bangunan.

Cukup dengan menggunakan sistem tabungan yang ada di BTN. Tabungan perumahan BTN yaitu tabungan berjangka yang di bundling dengan asuransi.

Karena menggunakan fasilitas asuransi sehingga menabung disetiap bulan sifatnya wajib. Jadi harus siap sedia uang 100 ribu untuk ditabungkan tiap bulan.