• Inapex

    Rumah Rp.180 Jutaan Dekat Jembatan Sigandul

  • Oleh
  • Jumat, 02 Sep 2016
  • Rumah Rp.180 Jutaan Dekat Jembatan Sigandul

    Jembatan Sigandul

    TEMANGGUNG, News.RumahRei.Com, – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah mengesahkan Jembatan Sigandul di Ruas Jalan Parakan-Batas Kabupaten Wonosobo, Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (31/8).

    Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan batu prasasti oleh Basuki, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, serta Bupati Temanggung Bambang Sukarno.

    Dengan panorama yang menakjubkan dilengkapi dengan jembatan baru ini menjadi sebuah pilihan untuk konsumen yang hendak mencari rumah di kawasan Wonosobo.

    Pada umumya, perumahan yang tersedia berdesain minimalis seluas 70/100. Hunian ini juga dilengkapi dua kamar tidur, carport dan kamar mandi.

    Tidak hanya rumah-rumah luas dengan harga murah, namun akses jalan diperumahannya pun bisa dilalui dua mobil.

    “Rumah dengan kondisi bagus dan terawat serta lokasi rumah sangat strategis. Lingkungan rumah juga sangat aman, nyaman dan kawasan bebas banjir,” ujar Agent salah satu perumahan di Wonosobo.

    Jembatan Sigandul dibangun sebagai bentuk upaya pemerintah mengganti jembatan lama di ruas jalan ini yang merupakan jalan nasional penghubung antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat.

    Jalan tidak hanya difungsikan untuk dilalui kendaraan besar seperti truk, penggantian jembatan dijalankan lantaran badan jalan Jembatan Sigandul lama di daerah perbukitan berpotensi tergerus sebab begitu dekat dengan tebing sungai.

    Baca Juga :
    Pasar Apartemen, Pasangan Baru Jadi Target Potensial

    Perbukitan indah dan pemandangan lepas gunung berdiri dengan megahnya bisa disaksikan dari sebelum melalui jembatan Sigandul.

    Tentu wilayah ini beberapa tahun ke depan bisa berpontensi jadi kawasan ramai.

    Selain itu, mengganti jembatan lama karena letaknya pada trase jalan berkelok-kelok dan terdiri dari tanjakan dan turunan yang curam yang sering mengakibatkan kecelakaan.

    “Saya harap jembatan ini bisa mengurangi kecelakan dan memperlancar lalu lintas kendaraan terutama saat mudik nanti,” papar Basuki, Kamis (1/9).

    Struktur Jembatan Sigandul memakai teknik pelengkungan beton bertulang dengan total bentang jembatan hingga 100 meter dan lebar 14,20 meter.

    Jembatan tersebut mempunyai Pondasi Bore Pile di 84 titik dengan diameter 80 cm dan kedalaman 14 meter untuk abutment serta 18 meter untuk pilar.

    Pembiayaannya dengan APBN murni melewati sistem multi years dan waktu pelaksanaan mulai dari tahun 2014 hingga 2016.