• Inapex

    Rumah Anda Bisa Keren Seperti Yang Ada di Majalah

  • Oleh
  • Senin, 04 Des 2017
  • Ilustrasi. (Foto: dok.inapex)

     

    JAKARTA, INAPEX.co.id – Di tengah keterbatasan lahan yang ada ditanah air Indonesia, sehingga memiliki rumah atau apartemen mungil kini seakan sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Terutama mereka para generasi milenial yang tinggal di pusat perkotaan.

    Apalagi, harganya sangat terjangkau serta kemudahan aksesibilitas dengan lokasi tempat kerja atau hang out menjadi salah satu pertimbangan generasi milenila dalam membeli rumah atau apartemen. Tak heran, bila mereka rela membeli rumah atau apartemen mungil, asal kedua kebutuhan tersebut dapat terpenuhi.

    Namun yang menjadi permasalahan adalah mereka membutuhkan usaha dan pikiran ekstra keras untuk mendekorasi apartemen atau rumah berukuran mungil seperti itu. Terutama, bila ingin memberikan kesan minimalis dan hangat bila ada tamu yang datang.

    Memaksimalkan setiap sudut ruangan yang ada, merupakan kunci utamanya. Akan tetapi memaksimalkan bukan berarti kita harus lupa pada desain. Pasalnya, kalau bisa menampilkan desain yang chic, stylish, dan eye cathcing tentu akan memberikan kesan tersendiri untuk setiap tamu yang datang. At least, bisa jadi tempat foto dan diunggah di sosial media.

    Ada beberapa tips mendekorasi apartemen atau  rumah mungil yang drangkum INAPEX.co.id dari berbagai sumber:

    1. Manfaatkan tangga

    Jika anda memiliki mungil tapi cukup tinggi, maka buatlah sedikit ruang penyimpanan di bagian atas, sehingga bagian ruang anda akan terasa lega. Selain itu perlu dipasang tangga kecil di bagian sudut ruangan. Gunakan rongga di bawah tangga untuk membuat partisi yang dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan, entah itu untuk sepatu, handuk, peralatan dapur, atau perkakas rumah sederhana lainnya.

    1. Pilih partisi yang tepat
    Baca Juga :
    Promo Khusus Ini Cuma Berlangsung 1 Bulan, Bunga KPR 4,1 Persen

    Banyak pembaca yang berpikir jika ruang yang dibiarkan lepas terbuka tanpa pembatas seperti partisi maka akan terkesan luas, padahal pemikiran semacam ini justru membuat ruangan anda menjadi tidak tertata dengan rapih.

    Lantas bagaimana?

    Letakkan partisi yang tepat. Partisi atau pembatas tidaklah selalu dalam bentuk dinding, bisa juga dengan selembar kain maupun karpet yang memiliki bahan dan warnanya beda. Partisi ini di sesuaikan dengan warna dinding dan perabot hias ruangan.

    Cara lain, dengan menggunakan pot atau mungkin rak buku, sehingga tidak memberikan kesan kaku.

    1. Pasang furnitur minimalis

    Minimalis di sini berarti betul-betul minimalis, mulai dari meja, kursi, lampu gantung, hingga ornamen penghias dinding.

    Ini perlu dilakukan untuk menghindari kesan terlalu yang terlalu penuh, sehingga terlihat sesak.

    1. Gunakan barang multifungsi

    Untuk memaksimalkan ruangan agar terkesan lega, kunci utamanya adalah dalam pemilihan barang yang akan di tempatkan dalam ruang tersebut.  Seperti dalam memilih sofa ruang tamu, tidak ada salahnya bila menggunakan sofa bed sebagai pilihan. Selain nyaman juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat tidur.

    Ornamen lain yakni meja makan. Pakailah meja makan yang praktis yaitu meja makan lipat atau mejamakan menggantung  pada dinding. Dengan kreatifitas anda, maka meja makan bisa berubah fungsi sebagai meja setrika.

    1. Pandai memilih warna cat

    Hindari pemilihan warna gelap untuk dinding, karena terkesan ruang semakin sempit. Warna terang akan memberikan ruangan mungil Anda terkesan luas.

    Pilihlah warna-warna yang terang, seperti putih, krem, kuning muda, atau biru langit. Selain memberikan kesan luas, warna-warna tersebut juga dapat memantulkan cahaya sehingga ruangan terkesan terang.