INAPEX.co.id, – Pada umumnya, pemilik rumah akan merasa bahwa rumahnya sudah sangat sempurna, kecuali untuk kebisingan. Ternyata penghuni bisa membuat ruang kedap suara tanpa renovasi.

Apabila tengah berupaya untuk mengatasi polusi bising dari luar, tetangga yang berisik, atau suara-suara lainnya, ada solusi sementara yang bisa dilakukan tanpa membutuhkan renovasi berat.

Cukup penting untuk diingat, permukaan yang licin dan keras biasanya bisa memantulkan suara lebih baik dibandingkan permukaan yang tak rata.

Jika bertujuan untuk mengurangi kebisingan dalam ruangan, ketahui dulu dari mana suara yang tak diinginkan berasal.

Dengan trik-trik ini tak bisa langsung memberhentikan kebisingan. Membutuhkan sebuah eksperimen sampai menemukan teknik yang cocok untuk ruangan.

  1. Karpet

Untuk menyerap suara, karpet merupakan barang paling efektif.  Tidak perlu takut untuk berkreasi dengan peletakkan karpet di rumah.

Lapis karpet secara bertumpuk dan menyebar di sekitar ruangan. Bisa juga dengan menggantung sejumlah karpet favorit di dinding yang sekaligus bisa mengatasi gema.

Bahkan hanya dengan satu karpet besar bisa mengubah tingkat kebisingan secara signifikan.

Ketebalan karpet bisa membantu menyerap suara keras lainnya, gema, dan mencegah mereka dari “berlarian” di sekitar rumah.

Solusi tersebut sangat bermanfaat apabila tinggal di sebuah rumah berlantai kayu atau keramik.

  1. Tirai

Menemukan asal suara bising yang ternyata di luar jendela bisa diatasi dengan menggunakan tirai.

Lapisan ganda pada tirai bisa menciptakan ketebalan hingga membantu meredam suara yang tak diinginkan untuk masuk ke rumah.

  1. Kesenian

Percaya atau tidak, kanvas lukisan bisa meredam suara. Untuk membuat karya seni kedap suara, Anda mesti mempunyai kanvas dengan lukisan seni, yang bisa dibeli atau buat sendiri.

Setelah mempunyai karya seni, pasang panel akustik atau ubin di belakangnya. Pastikan ubin terpotong sesuai dengan ukuran karya seni, tambahkan lem dan pasang ke dinding.

  1. Tanaman

Daun dan batang yang tidak dikira bisa meredam suara ternyata dapat membiaskan, menyerap dan membelokkan suara di sekitarnya.

Maka dari itu, pilih sejumlah tanaman sesuai selera dan mulai mendekorasi rumah dengan memposisikan tanaman-tanaman tersebut.

Semakin besar tanaman, semakin besar pula dalam membantu mengurangi kebisingan.

  1. Rak buku

Benda berat dan padat bisa mencegah suara yang tak diinginkan. Bila Anda berbagi dinding dengan tetangga atau teman sekamar yang berisik, ini merupakan solusi sempurna.

Hanya perlu menempatkan rak buku dan isi dengan buku-buku kesukaan. Lebih banyak, lebih baik.

  1. Pelindung aliran udara pintu dan karton telur

Secara instan mengatasi kebisingan bisa dengan memasang door draft protector atau pelindung udara yang biasa dipasang di bawah pintu.

Tidak hanya bisa menahan udara, benda ini juga efektif menjaga suara yang tak diinginkan masuk dari bawah pintu.

Beberapa karton telur juga bisa digunakan kembali. Percantik karton-karton tersebut dengan melukisnya agar cocok untuk dekorasi dan tempel di dinding.

  1. Lembar gabus

Gabus merupakan penyerap suara alami dan dilakukan secara sederhana untuk membuat ruangan kedap suara.

Lapisi semua dinding dengan gabus atau sebagian dari setiap ruangan sesuai selera penghuni rumah.