• Inapex

    Punya Uang Rp30 Juta, Pilih Rumah atau Apartemen?

  • Oleh
  • Senin, 27 Nov 2017
  •  

    Ada yang berpendapat lebih baik hunian tapak. (Foto: gebeet.com)

     

    JAKARTA, INAPEX.co.id – Untuk membeli property, apalagi hunian tempat tinggal  harus dengan perhitungan yang sangat matang. Salah beli rumah maka anda akan merasa kurang nyaman tinggal didalamnya. Selain lokasi yang menjadi perhatian anda, juga perlu memilih jenis hunian yang pas untuk dihuni dalam jangka panjang.

    Saat ini hunian tapak atau rumah berjajar, memang masih menjadi pilihan populer di kalangan masyarakat. Namun dengan adanya harga tanah yang terus melambung tinggi di lokasi strategis, maka tidak sedikit masyarakat yang mulai melirik hunian vertika sebagai alternative.

    Hunian vertikal, dalam bentuk rumah susun, apartemen atau griya tawang, memang memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri dibandingkan hunian tapak.

    Jika ingin berandai-andai dengan anggaran dana yang minim dibawah Rp 50 jutaan, kira-kira jenis hunian seperti apa yang tepat untuk dibeli?

    Jawabannya tentu bervariasi. Karena setiap individu memiliki kebutuhan dan definisi tempat tinggal yang berbeda-beda. Ada yang berpendapat lebih baik hunian tapak, namun tidak sedikit orang menginginkan hunian vertical.

    Berita ini bisa menjadi acuan atau pandangan bagi anda yang sedang membutuhkan hunian tempat tinggal namun dengan harga terjangkau.

    Baca Juga :
    Beli Rumah Seharga Mobil, Bikin Bingung Pasangan Muda

    Rumah

    Jika di perbandingkan antara hunian tapak dengan hunian vertical tapi dengan luas bangunan yang sama, maka untuk bangunan rumah juga akan mengalami penyusutan harga hingga 10% per tahun. Untuk itu Anda harus siapkan dana untuk renovasi rumah. Biaya pemeliharaan yang cukup besar juga memaksa sebagian orang menggunakan jasa asuransi untuk berjaga-jaga.

    Namun dari sisi lainya, dari transaksi jual beli rumah maka anda sebagai pembeli akan mendapatkan sertifikat kepemilikian bangunan dan tanah. Jadi jika sewaktu-waktu anda ingin menjualnya akan lebih mudah, serta bisa dijadikan agunan kredit di perbankan.

    Apartemen

    Jika memilih apartemen sebagai hunian tempat tinggal anda, memang akan menaikkan gengsi individu. Tapi tinggal di apartemen harus mempersiapkan anggaran dana lebih mahal untuk perawatan dan biaya listrik. Mengenai kepemilikan, penghuni hanya mendapat sertifikat hak guna bangunan yang harus diperbarui setelah 30 tahun dan 20 tahun kemudian.