• Inapex

    Pintar Beli Rumah, Urusan Bayar juga Harus Pintar

  • Oleh
  • Senin, 18 Des 2017
  • Ilustrasi. (Foto: dok.inapex)

     

    JAKARTA, INAPEX.co.id – Rumah, merupakan sebuah tempat hunian yang tepat untuk beristirahat dengan nyaman setelah kita beraktifitas seharian di luar rumah. Dan sepertinya anda pun setuju kalau ada istilah Rumahku Istanaku yang artinya tidak ada tempat senyaman rumah untuk bercengkerama bersaam keluarga beristirahat bersama mereka. Namun untuk memiliki, jelas biayanya tidak sedikit, bahkan mungkin bisa di bilang belanja termahal di sepanjang hidup kita sebagai manusia.

    Tapi ada beberapa solusi yang bisa anda pilih jika anda memilikinya, dari cara pembayaran tunai, cicilan KPR, hingga anda bisa dengan cara menyewanya. Semua pilihan tersebut tentunya ada untung ruginya, jadi anda harus pintar-pintarlah memilihnya. Seperti apa untung rugi dari ketiga cara beli rumah tersebut?

    Cara Pembayaran Tunai

    Pembelian rumah dengan cara tunai atau cash, merupakan cara terbaik. Karena tentunya anda terbebas dari beban berhutang, tidak ada biaya pengikat kredit, bahkan bila suatu saat anda memerlukan maka bisa dijadikan agunan atau jaminan kredit ke perbankan.

    Tapi sebisa mungkin hindari beli rumah atau apartemen yang belum jadi atau masih dalam tahap pembangunan dengan cara cash keras. Lebih baik pilih pembayaran bertahap sesuai perkembangan kondisi bangunan.

    Cara Pembayaran Angsuran atau Cicilan

    Baca Juga :
    99% Booth Pameran IPEX 2018 Ludes, Pengembang Optimis Capai Target

    Jika anda membeli sebuah rumah dengan cara Kredit atau angsuran, maka disarankan memilih perbankan yang fleksibel, karena dalam hal ini yang memungkinkan anda memperpanjang atau memperpendek jangka waktu KPR adalah sesuai dengan kebutuhan anda. Namun jika di pertengahan perjalanan kredit anda kemudian ingin melunasinya maka bisa anda lakukan tanpa terkena pinalti.

    Jika kemampuan membayar cicilan Anda terbatas, pilih jangka waktu KPR yang panjang agar cicilan KPR makin ringan. Namun begitu ada uang lebih, lunasilah lebih cepat. Dan untuk menimbang-nimbang kemampuan membayar cicilan KPR Anda per-bulannya, gunakan Kalkulator Keterjangkauan.

    Dan ingat, jangan meminjam uang untuk DP rumah. Gunakan dana sendiri karena Anda masih harus mencicil KPR. Mengambil dua-duanya akan sangat memberatkan cicilan bulanan Anda. Dan berikut adalah pilihan perumahan dengan DP ringan mulai harga Rp300 jutaan.

    Jika terpaksa sewa

    Cari tahu terlebih dulu harga sewa rata-rata di lokasi yang Anda incar, sebagai bahan negosiasi. Cari sewa rumah atau apartemen yang tidak perlu pakai deposit. Atau yang depositnya paling ekonomis. Patuhi peraturan penghuni sewa agar tidak terkena denda.

    Patungan sewa rumah dengan beberapa teman, juga bisa jadi opsi untuk penghematan. Dan untuk amannya, minta referensi dari teman yang dipercaya untuk mencari rumah sewa.