• Inapex

    Pemilik Status ‘Janda atau Duda’ Bisa Ajukan KPR?

  • Oleh
  • Rabu, 20 Des 2017
  • Tidak Boleh di Klik! Ini Khusus Pencari Rumah Murah di Serpong

    Pencari Rumah Murah (Foto: dok.inapex)

    JAKARTA, INAPEX.co.id, – Keraguan soal status janda ataupun duda bagi pasangan yang sudah pisah rumah tangganya karena cerai, ternyata juga bisa mengajukan permohonan kredit pemilikan rumah (KPR).

    Kemudahan untuk bisa membeli rumah melalui skema KPR BTN Subsidi tersebut merupakan kerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan suku bunga rendah dan cicilan ringan dan tetap sepanjang jangka waktu kredit.

    Layanan Bank BTN itu juga bisa dibuktikan sendiri, ketika ingin mengajukan KPR untuk pembelian rumah tapak dan rumah susun melalui kelengkapan dokumen menyertakan foto copy surat cerai (jika pemohon telah berstatus janda atau duda,-red), serta Foto copy KTP pemohon, dan Kartu Keluarga.

    Kemudian persyaratan lain, yaitu pemohon merupakan WNI dan berdomisili di Indonesia serta sudah berusia minimal 21 tahun atau telah menikah. Memiliki masa kerja atau usaha minimal 1 tahun. Memiliki NPWP dan SPT Tahunan PPh orang pribadi sesuai perundang-undangan yang berlaku.

    Untuk mendapatkan keunggulan melalui suku bunga 5% fixed sepanjang jangka waktu kredit serta proses cepat dan mudah, pemohon juga merupakan belum pernah memiliki rumah.

    Pemohon KPR Subsidi juga mendapat perlindungan asuransi jiwa dan arusansi kebakaran serta jangka waktu maksimal sampai dengan 20 tahun. Selain itu, pemohon KPR Subsidi juga harus mengikuti persyaratan lain diantaranya penghasilan pokok tidak lebih Rp.4 juta untuk pengajuan rumah sejahtera tapak, Rp.7 juta untuk rumah sejahtera susun. Untuk mewujudkan kepemilikan rumah  itu, pemohon juga perlu mempersiapkan biaya provisi 0.5%, administrasi Rp.250 ribu dan biaya notaris.

    Sementara itu, Manager Non Subsidized Mortgage and Consumer Leanting Division Bank BTN Pusat mengatakan, suku bunga itu jauh lebih ringan dibanding bank lain yang cuma menjanjikan tenor 5 tahun dari hitungan simulasi KPR.

    “Makanya bagi masyarakat yang berstatus apapun bisa mengajukan KPR, tak perlu ragu karena investasi rumah itu tidak ada ruginya. Dan sebaiknya tunggu waktu promo besar-besaran yang kami tawarkan pada Pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) pada 03 – 11 Februari 2018 mendatang di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan,” ujar Romeo Daniel Makenru Van Enst.