• Inapex

    Pedoman Media Siber

    Kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers adalah hak asasi manusia yang dilindungi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia PBB. Keberadaan media siber di Indonesia juga merupakan bagian dari kemerdekaan berpendapat, kemerdekaan berekspresi, dan kemerdekaan pers. Media siber memiliki karakter khusus sehingga memerlukan pedoman agar pengelolaannya dapat dilaksanakan secara profesional, memenuhi fungsi, hak, dan kewajibannya sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. Untuk itu Dewan Pers bersama organisasi pers, pengelola media siber, dan masyarakat menyusun Pedoman Pemberitaan Media Siber sebagai berikut:

    1. Ruang Lingkup

    1. Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.

    2. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content) adalah segala isi yang dibuat dan atau dipublikasikan oleh pengguna media siber, antara lain, artikel, gambar, komentar, suara, video dan berbagai bentuk unggahan yang melekat pada media siber, seperti blog, forum, komentar pembaca atau pemirsa, dan bentuk lain.

    2. Verifikasi dan keberimbangan berita

    1. Pada prinsipnya setiap berita harus melalui verifikasi.

    2. Berita yang dapat merugikan pihak lain memerlukan verifikasi pada berita yang sama untuk memenuhi prinsip akurasi dan keberimbangan.

    3. Ketentuan dalam butir (a) di atas dikecualikan, dengan syarat:

    1. Berita benar-benar mengandung kepentingan publik yang bersifat mendesak;

    2. Sumber berita yang pertama adalah sumber yang jelas disebutkan identitasnya, kredibel dan kompeten;

    3. Subyek berita yang harus dikonfirmasi tidak diketahui keberadaannya dan atau tidak dapat diwawancarai;

    4. Media memberikan penjelasan kepada pembaca bahwa berita tersebut masih memerlukan verifikasi lebih lanjut yang diupayakan dalam waktu

    secepatnya. Penjelasan dimuat pada bagian akhir dari berita yang sama, di dalam kurung dan menggunakan huruf miring.

    4. Setelah memuat berita sesuai dengan butir (c), media wajib meneruskan upaya verifikasi, dan setelah verifikasi didapatkan, hasil verifikasi dicantumkan pada berita pemutakhiran (update) dengan tautan pada berita yang belum terverifikasi.

    3. Isi Buatan Pengguna (User Generated Content)

    1. Media siber wajib mencantumkan syarat dan ketentuan mengenai Isi Buatan Pengguna yang tidak bertentangan dengan Undang-Undang No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik, yang ditempatkan secara terang dan jelas.

    2. Media siber mewajibkan setiap pengguna untuk melakukan registrasi keanggotaan dan melakukan proses log-in terlebih dahulu untuk dapat mempublikasikan semua bentuk Isi Buatan Pengguna. Ketentuan mengenai log-in akan diatur lebih lanjut.

    3. Dalam registrasi tersebut, media siber mewajibkan pengguna memberi persetujuan tertulis bahwa Isi Buatan Pengguna yang dipublikasikan:

    1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul;

    2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan

    tindakan kekerasan;

    3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat

    jiwa, atau cacat jasmani.

    4. Media siber memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus Isi Buatan Pengguna yang bertentangan dengan butir (c).

    5. Media siber wajib menyediakan mekanisme pengaduan Isi Buatan Pengguna yang dinilai melanggar ketentuan pada butir (c). Mekanisme tersebut

    harus disediakan di tempat yang dengan mudah dapat diakses pengguna.

    6. Media siber wajib menyunting, menghapus, dan melakukan tindakan koreksi setiap Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan dan melanggar ketentuan

    butir (c), sesegera mungkin secara proporsional selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah pengaduan diterima.

    7. Media siber yang telah memenuhi ketentuan pada butir (a), (b), (c), dan (f) tidak dibebani tanggung jawab atas masalah yang ditimbulkan akibat

    pemuatan isi yang melanggar ketentuan pada butir (c).

    8. Media siber bertanggung jawab atas Isi Buatan Pengguna yang dilaporkan bila tidak mengambil tindakan koreksi setelah batas waktu sebagaimana

    tersebut pada butir (f).

    4. Ralat, Koreksi, dan Hak Jawab

    1. Ralat, koreksi, dan hak jawab mengacu pada Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan Pedoman Hak Jawab yang ditetapkan Dewan Pers.

    2. Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.

    3. Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.

    4. Bila suatu berita media siber tertentu disebarluaskan media siber lain, maka:

    1. Tanggung jawab media siber pembuat berita terbatas pada berita yang dipublikasikan di media siber tersebut atau media siber yang berada di bawah

    otoritas teknisnya;

    2. Koreksi berita yang dilakukan oleh sebuah media siber, juga harus dilakukan oleh media siber lain yang mengutip berita dari media siber yang dikoreksi

    itu;

    3. Media yang menyebarluaskan berita dari sebuah media siber dan tidak melakukan koreksi atas berita sesuai yang dilakukan oleh media siber pemilik

    dan atau pembuat berita tersebut, bertanggung jawab penuh atas semua akibat hukum dari berita yang tidak dikoreksinya itu.

    5. Sesuai dengan Undang-Undang Pers, media siber yang tidak melayani hak jawab dapat dijatuhi sanksi hukum pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (Lima ratus juta rupiah).

    5. Pencabutan Berita

    1. Berita yang sudah dipublikasikan tidak dapat dicabut karena alasan penyensoran dari pihak luar redaksi, kecuali terkait masalah SARA, kesusilaan, masa depan anak, pengalaman traumatik korban atau berdasarkan pertimbangan khusus lain yang ditetapkan Dewan Pers.

    2. Media siber lain wajib mengikuti pencabutan kutipan berita dari media asal yang telah dicabut.

    3. Pencabutan berita wajib disertai dengan alasan pencabutan dan diumumkan kepada publik.

    6. Iklan

    1. Media siber wajib membedakan dengan tegas antara produk berita dan iklan.

    2. Setiap berita/artikel/isi yang merupakan iklan dan atau isi berbayar wajib mencantumkan keterangan.

    Beriklan Di Kami

    Apabila anda ingin beriklan di kami silahkan kontak atau isi form dibawah ini

     

    Terms & Condition

    I

    Dengan mengakses dan menggunakan situs www.inapex.co.id atau Inapex baik sebagai tamu umum maupun pengguna terdaftar, maka, anda telah menyetujui dan sepakat untuk taat dan tunduk serta mematuhi semua isi dari Syarat & Ketentuan yang isinya mengatur layanan situs ini.

    II

    Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah dan/atau diperbaharui dan/atau dimodifikasi dari waktu ke waktu oleh Inapex tanpa adanya kewajiban Inapex untuk memberikan pemberitahuan terlebih dahulu. Apabila tamu dan/atau pengguna yang telah mendaftarkan diri atau agen properti independen atau developer properti atau penjual/pemberi sewa tidak menyetujui atas Syarat dan Ketentuan ini, Inapex menghimbau dan mempersilahkan untuk tidak melanjutkan mengakses dan menggunakan Inapex.

    III

    Inapex adalah portal online independen dan swasta yang berdomisili di Indonesia, tujuan kami adalah menyediakan informasi seputar properti, investasi, ekonomi, politik dan aspek-aspek yang berpengaruh pada produk dan industry properti secara keseluruhan.

    Inapex juga menghubungkan antara developer properti, agen properti independen dan swasta (Dengan cara memamerkan/menampilkan iklan mereka atau menyediakan informasi produk mereka) dengan pembaca Inapex ataupun calon pembeli properti. Inapex tidak terikat ataupun memiliki hubungan hukum ataupun mempekerjakan developer, agen properti independen dan/atau swasta yang beriklan, mensponsori, dan/atau yang terdapat di Inapex.

    Inapex juga tidak bertindak sebagai broker dan/atau agen properti dan/atau developer properti melainkan hanya bertindak sebagai media online menjadi sarana yang berguna untuk menyediakan informasi terkait suatu produk properti dan lainnya dengan tamu/pembaca inapex.

    Inapex tidak bertanggung jawab dalam bentuk apapun atas segala perihal, dan/atau aksi dan/atau kegiatan yang dilakukan oleh developer properti dan/atau agen developer properti dan/atau agen properti independen dan/atau penjual dan/atau pemberi sewa properti tersebut.

    IV

    Inapex secara hukum dimiliki secara swasta oleh PT. Media Tekno Kreatif, perusahaan yang bergerak di bidang produk, media dan penyedia jasa online dan teknologi informasi.

    I

    Para pengguna yang telah mendaftarkan diri dan/atau tamu umum setuju dan sepakat bahwa Inapex mempunyai hak eksklusif untuk menghentikan dan/atau merubah situs website dan layanannya atau menghapus data pengguna terdaftar secara sementara atau tetap / permanen tanpa adanya pemberitahuan dan tanpa perlu adanya persetujuan terlebih dahulu dari pengguna terdaftar dan Inapex tidak berkewajiban dalam bentuk apapun kepada pengguna terdaftar terhadap perlakuan hak eksklusif tersebut. Inapex tidak bertanggungjawab atau tidak berkewajiban atas penghapusan data, ketidakakuratan data dan/atau kesalahan pemberian data dan/atau informasi yang disampaikan kepada tim Inapex.

    II REGISTRASI/PENDAFTARAN PENGGUNA

    Pengguna wajib berumur minimal 18 (delapan belas) tahun dan melakukan registrasi atau pendaftaran untuk menjadi pengguna terdaftar untuk dapat menggunakan layanan fasilitas situs www.Inapex.com secara lengkap, Pengguna juga berkewajiban untuk memberikan data-data dan/atau informasi yang benar, akurat, dan lengkap dimana pengguna ketika melakukan pendaftaran telah dianggap menerima dan menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku di www.Inapex.com.

    III PENGISIAN & PUBLIKASI

    Para pengguna terdaftar yang telah melakukan pengisian dan menampilkan informasi atau data-data tentang penjualan dan/atau penyewaan suatu properti dalam situs Inapex dengan ini menyatakan sepakat dan setuju bahwa Inapex berhak untuk menggunakan, menampilkan, mereproduksi, menyesuaikan, mengubah, menyebarluaskan dan mempublikasikan data-data atau informasi tentang properti tersebut baik secara keseluruhan maupun sebagian dalam waktu tertentu maupun terus menerus, tanpa adanya kewajiban pemberian royalty dalam bentuk apapun juga dari informasi dan data-data yang diberikan kepada Inapex tersebut.

    IV KEWAJIBAN PENGGUNA TERDAFTAR

    Pengguna yang telah mendaftarkan diri mempunyai kewajiban untuk menjaga data-data dan/atau informasi pribadi miliknya secara baik dan benar dan supaya terhindar dari segala bentuk kejahatan seperti tindakan pencurian, pemalsuan, penyalahgunaan informasi oleh pihak atau orang lain yang tidak berwenang

    V

    Pengguna terdaftar, agent properti atau penjual, tamu situs dan/atau pembeli atau penyewa dengan ini menyatakan telah mengetahui, memahami dan menyetujui untuk membebaskan dan/atau melepaskan Inapex beserta dengan direksi, para karyawan, pemilik, administrator dan moderator dari segala bentuk pertanggungjawaban hukum atau tuntutan hukum baik secara pidana maupun perdata berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku di negara Republik Indonesia terhadap hal-hal yang terjadi, termasuk namun tidak terbatas pada :

    • 1 Kehilangan dan/atau pemalsuan dan/atau penyalahgunaan atas data-data / informasi pribadi dari pengguna yang telah mendaftarkan diri.
    • 2 Kehilangan penghasilan dan/atau pendapatan dan/atau keuntungan usaha atau bisnis yang telah diharapkan.
    • 3 Penipuan dan penggelapan dan/atau tindakan-tindakan pelanggaran hukum lainnya yang dilarang berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara Republik Indonesia.

    Oleh karena itu, Inapex tidak dapat dituntut atas segala pernyataan, kekeliruan, ketidakakuratan data atau informasi atau kekurangan pada segala konten, iklan, keterangan yang diberikan oleh pengguna yang telah mendaftarkan diri, agent properti, tamu umum, developer properti, ataupun pihak-pihak lain yang telah mengakses dan menggunakan situs Inapex ini.

    VI

    Pengguna terdaftar, agent properti atau penjual, tamu situs dan/atau pembeli atau penyewa dilarang untuk melakukan hal-hal sebagai berikut :

    • 1 Membuat dan mengeluarkan pernyataan yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).
    • 2 Mencemarkan dan/atau merusak nama baik seseorang, mengancam, melecehkan dan/atau menghina nama dan martabat pihak atau orang lain.
    • 3 Mempublikasikan dan memamerkan dan mempromosikan materi atau iklan yang melanggar hak atas kekayaan intelektual (hak cipta, merek dagang, paten maupun hak-hak kekayaan intelektual lainnya) milik pihak atau orang lain.
    • 4 Memberikan saran kepada pihak atau orang lain untuk melakukan pelanggaran hukum yang berlaku.
    • 5 Secara sengaja maupun tidak sengaja melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara Republik Indonesia .

    VII KEBIJAKAN PRIVASI

    Kebijakan Privasi ini berlaku pada situs Inapex dimana Inapex menghargai privasi dan kepercayaan dari setiap pengguna yang mendaftarkan diri, agent properti independen, developer properti atau penjual, tamu situs dan/atau pembeli atau penyewa properti bahwa Inapex akan bertindak secara bijaksana dan hati-hati dalam mengelola dan mengungkapkan data-data atau informasi yang didapatkan oleh Inapex.

    Kebijakan privasi ini berlaku untuk seluruh informasi mengenai pengguna yang telah mendaftarkan diri dan/atau agent properti independen, developer properti, atau penjual atau pemberi sewa yang telah terdaftar pada situs Inapex. Inapex tetap akan menjaga kerahasiaan data atau informasi yang didapatkan oleh Inapex dan Inapex hanya akan mengungkapkan data atau informasi dari endaftarkan diri dan/atau agent properti independen, developer properti, atau penjual atau pemberi sewa kepada pihak ketiga apabila Inapex telah diwajibkan berdasarkan ketentuan hukum atau peraturan perundang-undangan yang berlaku atau berdasarkan putusan pengadilan yang berwenang untuk memberikan dan/atau mengungkap data atau informasi yang diperlukan.

    VIII TAUTAN KE SITUS LAIN

    Situs www.Inapex.com dapat menyediakan tautan ke situs pihak ketiga (Link External) dimana Inapex tidak bertanggungjawab terhadap konten, iklan / promosi, keterangan, pernyataan isi, data atau informasi, tindakan, kejadian atau kesepakatan maupun kerugian yang ditimbulkan sebagai akibat atas transaksi atau pengaksesan dan penggunaan dari tautan situs pihak ketiga tersebut.

    Oleh karenanya, pengguna terdaftar, agent properti atau penjual, tamu situs dan/atau pembeli atau penyewa setuju untuk membebaskan dan/atau melepaskan Inapex beserta dengan direksi, para karyawan, pemilik, administrator dan moderator dari segala bentuk kehilangan dan/atau kerugian baik secara langsung maupun tidak langsung dan terhadap klaim atau tuntutan/gugatan hukum yang timbul baik secara perdata maupun pidana, biaya-biaya proses pengadilan, beban bunga, denda dan biaya-biaya lainnya yang ditimbulkan sebagai akibat dari dilakukannya pengaksesan dan penggunaan tautan situs milik pihak ketiga tersebut.

    IX MEREK DAGANG

    Merek dagang Inapex, logo, judul, desain grafis, desain umum, naskah, kode sumber dan perangkat lunak Inapex merupakan merek dagang yang terdaftar di dan menurut ketentuan hukum yang berlaku di negara Republik Indonesia.

    Pihak ketiga yang bermaksud untuk menggunakan merek dagang Inapex wajib untuk mengajukan permohonan izin dan mendapatkan persetujuan secara tertulis dari Inapex. Pihak ketiga dilarang menggunakan merek dagang Inapex secara tanpa ijin. Inapex akan memperjuangkan seluruh hak milik atas kekayaan intelektual yang terdapat dimiliki Inapex sesuai dengan hukum, termasuk mengajukan tuntutan dan/atau gugatan hukum secara pidana maupun perdata.

    X YURISDIKSI DAN HUKUM YANG BERLAKU

    Seluruh syarat dan ketentuan yang terdapat didalam situs www.Inapex.com ini diatur dan tunduk serta diinterpretasikan berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku di negara Republik Indonesia dan para pengguna terdaftar, developer properti, agent properti independen, penjual dan/atau penyewa dan tamu situs setuju dan sepakat untuk tunduk dan terikat dengan yurisdiksi hukum negara Republik Indonesia