• Inapex

    Pastikan Lokasi Investasi Anda Tepat Dengan Tiga Pertanyaan Ini

  • Oleh
  • Jumat, 06 Okt 2017
  • Pastikan Lokasi Investasi Anda Tepat Dengan Tiga Pertanyaan Ini

    Ilustrasi (Foto: investasirumahjogja)

     

    JAKARTA, INAPEX.co.id – Jika dilakukan dengan tepat, investasi di real estate adalah cara yang terbukti untuk memperoleh pendapatan dan membangun ekuitas. Namun, semua tergantung pada anggaran dan tujuan investasi Anda.

    Beberapa orang memilih untuk membeli rumah investasi yang dekat dengan tempat tinggal mereka. Ternyata pilihan ini menghilangkan salah satu keuntungan terbaik real estate yaitu diversifikasi risiko.

    Pertanyaannya, Apa cara yang tepat untuk melakukan investasi? Cara orang berinvestasi di real estate sangat berbeda satu dekade yang lalu dengan saat ini. Berkat teknologi dan akses data yang lebih baik, pembeli bisa membeli dengan kepercayaan yang tinggi di pasar sewa dimana pun lokasinya.

    Bila Anda ingin mencoba namun tidak yakin ingin berinvestasi di lokasi terbaik di Indonesia, pertimbangkan hal berikut:

    1. Apakah pasar sewa di kawasan tersebut kuat?

    Tidak semua pasar real estate serupa untuk urusan investasi.  Ada kawasan bagus dengan cepat, ada pula yang tumbuh secara perlahan dan mantap. Ada yang menghasilkan laba kotor yang sedikit (yang merupakan rasio harga sewa untuk harga beli) namun tingkat kekosongan lebih tinggi atau volatilitas yang lebih tinggi.

    Pasar pesisir tertentu mempunyai hambatan yang begitu tinggi untuk masuk dan permintaan sewa yang begitu kuat, sedangkan pasar satu dengan lainnya menyentuh spot bagus antara harga masuk dan sewa pasar.

    Bagi para investor, menemukan properti yang memenuhi tujuan investasi di dekat tempat Anda tinggal mungkin terbukti menantang. Mungkin Anda saat ini tinggal di kawasan yang memiliki keuntungan bersifat marjinal atau negatif. Atau Anda tinggal di pasar sewa primadona yang daftar harganya mulai naik melebihi batas anggaran Anda.

    Pertimbangkan untuk memperluas investasi di lokasi yang terjangkau dan menawarkan hasil bagus tanpa berpatok pada tempat tinggal Anda saat ini.

    Banyak variabel mempengaruhi keinginan pasar. Maka dari itu, saat menentukan lokasi, pertimbangkan pula anggaran, toleransi risiko, kriteria pengembalian dan investasi yang diinginkan. Apakah Anda peduli dengan arus kas yang lebih tinggi? Kestabilan penyewa? Apresiasi jangka panjang? Apakah Anda berencana untuk pindah ke sana suatu hari nanti?

    Baca Juga :
    Tingkat Penjualan Apartemen, Jadi Acuan Pergerakan Pasar Properti

    2. Apakah Anda mencari lokasi yang menguntungkan?

    Membeli properti investasi dekat dari tempat tinggal dinilai lebih praktis, namun secara tidak langsung ini membuat semua risiko terkonsentrasi di satu wilayah geografis. Dengan menyebarkan investasi real estate di pasar yang berbeda, Anda akan terhindar dari tumpukan risiko di area yang sama di tempat tinggal utama Anda.

    Misalnya, jika Anda bekerja di kawasan Sudirman, membeli properti di dekat kantor, itu sama halnya dengan memaksa sesuatu yang tidak bisa dipaksakan. Mengikat investasi Anda ke ekonomi yang berbeda memungkinkan berkurangnya risiko antara tempat tinggal / bekerja dan strategi investasi pasif Anda.

    Meskipun rumah tinggal dan investasi utama Anda mungkin mempunyai korelasi rendah dengan pasar saham, namun tetap bisa berkorelasi satu sama lain bila terletak di kawasan yang sama.

    3. Apakah Anda berencana untuk pindah?

    Bila suatu hari nanti Anda akhirnya menjadi penjelajah kawasan Asia, atau pindah lebih dekat dengan keluarga atau bahkan pensiun di rumah dekat pantai. Ternyata pertimbangan ini juga harus dipikirkan.

    Hal ini dilakukan agar Anda dapat mulai membangun ekuitas dan mengumpulkan pendapatan sewa, serta bisa menghindari daftar harga yang berpotensi lebih tinggi ketika Anda akhirnya memutuskan untuk pindah.

    Ada keuntungan lain untuk berinvestasi lebih cepat daripada menunggu terlalu lama. Diantaranya menikmati penampungan pajak substansial yang diberikan dengan berinvestasi di bidang real estate.

    Hal tersebut bisa menguntungkan dalam mengurangi biaya operasional tertentu dan juga penyusutan aset dan meski nilai rumah berfluktuasi di tahun berikutnya setelah Anda membeli, harga sewa condong tetap bertahan.