• Inapex

    Pasar Properti Diprediksi terus Membaik, Ditahun Politik 2018

  • Oleh
  • Jumat, 05 Jan 2018
  • ilustrasi. (Foto: Dimas)

    JAKARTA, INAPEX.co.id – Ditengah kontroversi penilaian publik menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, namun pasar properti secara nasional diprediksi terus membaik ditahun politik 2018 ini. Membaiknya iklim bisnis properti tersebut, tak lepas dari sejumlah kebijakan-kebijakan positif pemerintah yang telah dikeluarkan sejak tahun sebelumnya.

    Managing Director PT Adhouse Clarion Events, Igad Permana mengakui, kebijakan yang dibuat pemerintah berdampak positif serta mampu memberi optimis terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. “Bila pemerintah bisa tetap konsisten menjalankan kebijakan itu, diprediksi kondisi ekonomi akan tetap stabil selama tahun 2018 ini,” ujar Igad Permana, saat ditemui INAPEX.co.id, di Kantornya, baru-baru ini.

    Kendati demikian, Igad Permana menambahkan, dari sisi suplai akan terjadi perlambatan pasar properti yang diprediksi terjadi pada pertengahan tahun karena dampak Hari Raya Idul Fitri serta Pilkada Serentak 2018 yang mungkin terjadi. “Begitu juga menjelang Pemilu Legislatif & Pemilihan Presiden 2019,” tuturnya.

    Kemudian disisi permintaan, kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah membuat optimisme konsumen dalam membeli rumah pada 2018 masih tetap tinggi. Porsi permintaan terbesar akan datang dari rumah tipe menengah dengan harga di bawah Rp 700 juta hingga investasi dengan nilai tinggi.

    Baca Juga :
    6 Alasan Beli Hunian di Indonesia Properti Expo 2018

    “Konsumen properti akan mencari perumahan tipe klaster, terutama di wilayah penyangga dan investor tetap akan membidik investasi properti karena sangat rendah resikonya dibanding investasi lain,” terangnya.

    Salian itu, seiring tumbuhnya suku bunga untuk Kredit Pemilikian Apartemen, masih dikatakan Igad Permana, dinilai akan terjadi pertumbuhan yang moderat pada hunian jenis apartemen.

    Igad Permana menjelaskan, secara umum pasar properti Indonesia di tahun 2018 ini akan lebih menarik dan prospektif dibandingkan tahun 2017 lalu. Satu tahun sebelum tahun politik 2019, pasar properti akan sedikit lebih bergairah dan ini merupakan kesempatan yang tepat untuk beli properti. “Kondisi itu bisa terlihat dari segmen hunian untuk dihuni sendiri hingga sebagai investasi,” tambahnya.

    Menurut Igad Permana, penyelenggaraan pameran Indonesia Properti Expo akan terus memberi solusi serta menjadi ajang transaksi dan promosi bagi para pengembang maupun pencari properti.

    “Kami PT. Adhouse Clarion Events berkomitmen membantu para pencari properti dalam menentukan keputusan pembelian properti melalui informasi yang tepat dan akurat,” tegasnya.