BTN menggandeng Grab Indonesia untuk mempermudah mitra pengemudi GrabBike mendapatkan hunian. (Foto: Sukita.info)

JAKARTA, INAPEX.co.id – Ini merupakan kabar gembira, karena untuk memiliki rumah sendiri, para ojek online bisa nyicil hanya Rp.48 ribu/hari.

Kemudahan ini diberikan oleh PT Bank Tabungan Negara Tbk (Persero) menggandeng PT Solusi Transportasi Indonesia (Grab Indonesia) untuk mempermudah mitra ojek online mendapatkan hunian.

“Bank BTN terus berekspansi menjangkau pembiayaan perumahan bagi sektor informal agar masyarakat bisa memiliki rumah. Salah satunya, menggandeng mitra GrabBike,” kata Direktur Utama BTN, Maryono, di Jakarta, baru-baru ini.

Lebih lanjut dikatakan Maryono, bank pelat merah ini akan menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR) bersubsidi pada para pengemudi GrabBike yang direkomendasikan oleh perusahaan.

Saat ini, mayoritas mitra driver termasuk ke dalam kategori unbankable sehingga sulit mengakses KPR.

Sementara itu, Managing Director Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, berharap mitra pengemudi dapat terbantu untuk mendapatkan hunian yang layak melalui kerja sama ini.

“Kami berharap bisa membantu ribuan mitra pengemudi yang tersebar diseluruh Indonesia untuk mewujudkan impian memiliki rumah, sebagai bagian dari pemenuhan kebutuhan pokok mereka dan meningkatkan kesejahteraan mitra pengemudi,” ujar Ridzki.

Untuk tahap awal, BTN membidik 1.800 mitra pengemudi GrabBike di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi untuk mengakses KPR. Potensi nilai KPR subsidi dari Grab untuk pilot project ini sebesar Rp200 miliar.

Dalam program ini, mitra pengemudi bisa mengangsur KPR murah sebesar Rp48 ribu per hari dengan suku bunga KPR 5 persen fixed sampai 20 tahun. Ada juga bantuan uang muka sebesar Rp4 juta untuk memperingan cicilan harian.

Kemudian Ridzki juga menjelaskan tentang persyaratan untuk mendapatkan rumah tersebut.

Menurutnya, syarat bagi para driver yang bisa mengikuti program ini, bekerja minimal 1 tahun dan aktif bekerja lebih dari 20 hari per bulan.

Setiap tiga bulan berturut-turut, driver memiliki penghasilan maksimal Rp4 juta per bulan dan punya rekam jejak yang baik. Usia driver di antara 21 tahun-40 tahun.

Saat ini, ada 600 mitra GrabBike yang lulus proses sekesi Grab dan membuka rekening tabungan BTN Batara Payroll dan menyisihkan dana harian dari deposit di Grab sebesar Rp48 ribu per hari untuk uang muka pembelian rumah sampai dana mencukupi.

“Pihak Bank BTN akan melakukan proses seleksi kembali, terutama terkait kondisi dan kemampuan finansial seperti penghasilan dan riwayat kredit mitra GrabBike untuk melangkah ke proses akad kredit setelah dana uang muka terkumpul,” pungkasnya.