Merasa Kesulitan Membersihkan Kamar Mandi? Mungkin Ini Solusinya
Susah Membersihkan Kamar Mandi? (Foto: furnishburnish)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Kamar mandi yang bersih dan terawat akan memberi kesan yang bagus kepada tamu yang berkunjung. Tetapi karena kondisinya yang lembab menjadikan ruangan ini harus dirawat lebih ekstra dibandingkan yang lain.

Meskipun setiap hari rutin dibersihkan dengan sikat dan cairan pembersih khusus, tetap saja ada noda membandel yang susah dihilangkan. Maka dari itu, Anda harus mengerjakan pembersihan ekstra untuk lantai dan furnitur yang ada di kamar mandi paling tidak sebulan sekali.

Berikut ini akan dijabarkan cara membersihkan kamar mandi dengan ramuan khusus yang mudah diracik agar kamar mandi jadi kinclong;

Shower dan Bak Mandi

Pada permukaan shower yang mengaliri air dari selang lama-lama akan timbul kerak. Hilangkan kerak ini dengan cairan pembersih alami dan peralatan sederhana. Caranya, bungkus kepala shower dengan plastik berisi air cuka putih. Diamkan semalam dan bilas dengan air keesokan paginya.

Kemudian untuk pintu kamar mandi, bisa dibersihkan bekas uap dan busa sabun yang menempel memakai beberapa tetes campuran cuka putih dan baking soda. Diamkan selama satu jam dan gosok menggunakan lap mikrofiber. Bilas dan lap sampai kering.

Untuk bak mandi, gosok permukaan bak setiap minggu. Caranya isi bak dengan air panas dan kuras. Lalu gunakan cairan pembersih kamar mandi dan diamkan selama 15 menit sebelum digosok dan dibilas.

 

Merasa Kesulitan Membersihkan Kamar Mandi? Mungkin Ini Solusinya
Perbandingan Sebelum dan Sesudah dibersihkan (Foto: resealscotland)

 

Lantai dan Dinding Keramik

Permukaan lantai yang selalu basah dan sering diberi cairan pembersih berbahan kimia membuat nat keramik rentan kotor dan pecah. Untuk menghindari perkembangbiakan bakteri, tutup lubang nat setiap enam bulan sekali.

Adapun untuk keramik yang ada di lantai dan dinding, semprotkan pembersih serbaguna secara menyeluruh. Isi bak mandi dengan air panas untuk membuat uap air bercampur dengan cairan pembersih. Biarkan selama 20 menit, kemudian lap menggunakan lap bersih. Lakukan lap pada dinding terlebih dahulu, lanjutkan dengan lantai.

Toilet

Bersihkan permukaan toilet dengan menuangkan secangkir baking soda dan diamkan beberapa menit. Kemudian gosok dan bilas. Untuk noda membandel, bisa menggosoknya dengan batu apung basah yang diklaim bisa menghilangkan kerak.

Wastafel

Tuangkan cuka putih atau baking soda ke semua permukaan wastafel sampai ke dalam saringan air, lalu bilas dengan air panas. Untuk keran air, bersihkan dengan tisu basah desinfektan yang dapat mengangkat bakteri.

Tips: Oleskan baby oil pada sabun mandi batang agar sabun cuci tak lengket pada wadahnya.