Membangun Rumah Instan, Bahan Bangunan Kayu diganti Metal
Rumah Risha (Foto: uplek)

 

JAKARTA, INAPEX.co.id, – Bahan bangunan metal kian inovatif dan dipakai lebih meluas. Bahan ini sekarang banyak digunakan untuk mengganti kayu dan tutup atap, sebab kayu berkualitas sudah sulit diperoleh dan harganya sangat mahal.

Inovasi pemakaian bahan metal salah satunya untuk mengembangkan rumah instan yang disebut Domus dari PT Tatalogam Lestari. Domus merupakan hasil gabungan dari semua produk Tatalogam yang bisa dikerjakan secara cepat dan murah.

Rumah tipe 21 dapat dibangun hanya dengan tenaga 4 orang selama 4 hari di luar pematangan tanah, pembuatan pondasi, dan septic tank. Biaya untuk rumah tipe 21 hanya sebesar Rp.19 juta.

“Ada juga paket cantik yang sudah di-finishing dengan biaya Rp.44 juta. Produk ini bisa jadi solusi program rumah murah karena bisa dibangun dengan cepat dan efisien,” tutur Vice President Tatalogam Stephanus Koeswandi, kepada pers di Jakarta, Kamis (23/2).

Domus sudah berproduksi selama satu tahun dengan proyek percontohan di Tangerang yang dibangun bersama Pemkot Tangerang. Proyek percontohan lainnya di Karawaci, Tangerang.

Tahun 2017 rencananya akan dibangun sekitar 3.500 unit di Yogyakarta dan di Sukabumi 2.000 unit. Target saat ini dibangun sekitar 10 ribu unit.

Tidak hanya rumah sederhana Tatalogam juga menyiapkan produk tipe 36 m2 dan rumah 2 lantai tipe 45. Untuk rumah dua lantai pembangunannya selama dua minggu. Meski hasil pabrikasi dengan sentuhan desain rumah instan Domus dapat terlihat seperti rumah biasa.

Pembangunannya sangat cepat sebab semua materialnya diproduksi secara presisi dan tinggal dipasang. Tak ada pemotongan sehingga sampah dan sisa material (waste) tidak ada.

Produk tersebut juga tak menggunakan bekisting dan coran yang memerlukan waktu untuk proses pengadukan dan pengeringan.

“Kami juga membuat aplikasi online untuk memudahkan masyarakat memesan produk kami. Produk ini bisa diestimasi perhitungannya di aplikasi dan harganya bisa langsung keluar. (Sangat simpel) pesan online 5 menit, bangun rumah 4 hari dengan harga sangat terjangkau,” tuturnya.

Produk Tatalogam meliputi genteng logam berbatu Sakura Roof untuk segmen menengah bawah, Multi Roof untuk genteng metal premium, dan rangka atap baja ringan Taso.

Kapasitas produksi perusahaan yang berdiri sejak 1993 ini hingga 4 juta lembar genteng per bulan dengan jaringan distribusi 177 distributor dan 4.000 outlet di kota-kota Indonesia.