Mau Pakai Wallpaper, tapi Takut Masangnya? Mungkin Ini Alasannya
Dinding Rumah Wallpaper (Foto: jadhomes)

 

INAPEX.co.id, – Wallpaper atau kertas pelapis dinding merupakan dekorasi ruangan pengganti cat yang sangat populer. Kelebihannya, wallpaper dapat memberi dekorasi instan yang cantik dan tematik. Tetapi, saat berpikir tentang cara pemasangan, sebagian orang jadi enggan memilih dekorasi ini.

Pemasangan yang tak tepat malah membuat dinding Anda akan nampak jelek dan gampang terbuka. Itulah sebabnya mengapa banyak orang yang mempercayakan tugas tersebut kepada jasa pemasang wallpaper professional yang berpengalaman.

Kenapa harus menggunakan wallpaper?

Dengan memasang wallpaper pada dinding ternyata dapat memberi kesan hangat, nyaman dan lebih luas pada sebuah ruangan. Selain itu, ini merupakan pilihan yang tepat jika ingin mengubah tampilan interior supaya lebih fresh.

Wallpaper juga dinilai lebih tahan lama, minimal 8 tahun bahkan sampai 20 tahun. Berbeda halnya dengan mengoleskan cat yang hanya bertahan selama 2 tahun.

Siapa yang memasangnya?

Untuk pemasangan, disarankan menyuruh orang yang ahli atau jasa profesional. Memang terlihat mudah, namun pada beberapa kondisi dinding seperti retak atau bergelombang, tak mudah memasang lapisan ini.

Tetapi, tidak ada salahnya bila ingin memasang sendiri, sebaiknya pilih dinding dengan permukaannya halus dan pilih ruangan dengan sedikit jendela untuk mempermudah pengerjaan menjadi lebih rapi.

Berapa biaya yang dikeluarkan?

Biaya jasa pemasangan wallpaper biasanya mulai dari Rp.10 ribu sampai Rp.300 ribu per meter persegi. Perbedaan ongkos tergantung pada tingkat kesulitan pemasangan. Misalnya pemasangan wallpaper pada dinding lebih gampang, lalu area tangga dan kesulitan tertinggi di area plafon.

Bila memerlukan konsultasi, seperti pengukuran ruangan, pemilihan jenis wallpaper yang pas, hingga jasa pembelian material, maka ongkosnya lebih dari harga yang sudah disebutkan.

Sedangkan untuk harga wallpaper cukup bervariasi. Harganya mulai dari Rp.20 ribu per meter hingga ratusan ribu rupiah untuk satu meternya tergantung kualitas dan merek.

Sebelum membeli, pastikan Anda menghitung luas ruangan secara tepat, seperti panjangnya dan tinggi dinding hingga menyentuh plafon. Untuk berjaga-jaga bisa membeli ekstra wallpaper jika ada kesalahan dalam penghitungan.

Siapkan Dinding

Sebelum memasang wallpaper ke permukaan dinding, ada tahap persiapan dimana dinding mesti dibuat sehalus dan sebersih mungkin.

Pemasang wallpaper profesional lebih memahami proses ini. Mulai dari pembersihan dinding dari kotoran, debu dan guratan dihaluskan dengan cara di ampelas, hingga diberi lapisan primer khusus untuk wallpaper.

Tahap lapisan primer ini sangat penting agar permukaan wallpaper melekat sempurna seperti cat ketika selesai ditempelkan pada dinding.