Primavera Residence tawarkan hunian dengan gaji maksimal Rp.4 jutaan. (Foto: dok.inapex)

CILEUNGSI, INAPEX.co.id – Banyak kemudahan yang diberikan untuk masyarakat melalui program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) khususnya yang memiliki gaji maksimal Rp.4 juta per bulan.

Hunian tersebut ditawarkan bagi masyarakat yang ingin memiliki hunian sendiri, oleh pengembang PT. Vista Bangun Cemerlang pada proyek terbarunya di Primavera Residence Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Tak hanya mengandalkan kwalitas bangunan yang lebih maksimal, namun pengembangan hunian ditengah lokasi strategis tersebut merupakan bukti dukungan pengembang terhadap Program sejuta rumah untuk rakyat melalui KPR Sejahtera, Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Skema yang diterapkan pada penjualan hunian ini, merupakan pembiayaan pemilikan rumah dengan dukungan fasilitas likuiditas yang pengelolaannya dilaksanakan oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementrian PUPR.

“Fasilitas yang didapat dari program KPR Sejahtera FLPP adalah suku bunga tetap 5 persen termasuk asuransi, uang muka atau Down Payment (DP) ringan, bebas pajak pertambahan nilai, dan jangka waktu sampai 20 tahun,” kata General Manager PT. Vista Bangun Cemerlang, Ayu Restu Siami SE, didampingi Marketing Asisten Manager Primavera Residence, Wiliam Suryadi, saat ditemui dilokasi proyek, Cileungsi, Bogor, baru-baru ini.

Harga KPR Sejahtera Tapak FLPP untuk wilayah Jabodetabek untuk 2018 Rp 148 juta. “Kami juga akan hadir pada pameran Property Expo (IPEX) September 2018 JCC Senayan nanti,” ujar Ayu.

Proyek hunian ini berada dekat kawasan Mekarsari di Cileungsi, Bogor. Menurut Marketing Primavera Residence Rini Puspita menjelaskan hingga saat ini baru satu tipe yang sudah siap dari dua tipe yang disediakan.

“Ada dua tipe 25/60 dan tipe 27/60, sekarang baru tipe 25/60 yang ready,” kata Rini Puspita.

Hasil simulasi membeli tipe 25/60 dengan luas tanah 60 meter persegi (2 kamar, 1 kamar mandi, 1 ruang tengah) dengan menggunakan program subsidi FLPP.
Harga rumah untuk tipe 25/60 yang berada di Blok A yaitu Rp 141 juta, uang muka yang harus di bayarkan hanya Rp 6 juta.

“DP-nya itu Rp 8 juta, khusus pameran ini jadi Rp 6 juta,” ujar Rini.

Lebih lanjut ditambahkan Rini, suku bunga untuk KPR subsidi sebesar 5%, sehingga angsuran dalam jangka waktu 10 tahun Rp 1.435.000 per bulannya.

“Sedangkan jangka waktu 15 tahun per bulannya Rp 1.067.000. Persyaratan untuk mendapatkan rumah ini adalah pas foto, fotokopi identitas, fotokopi kartu keluarga, fotokopi surat nikah, fotokopi SK pengangkatan karyawan tetap, surat keterangan masa kerja asli, slip gaji bulan terakhir, fotokopi SIUP dan NPWP, formulir isian konsumen dari bank pemberi kredit, surat kuasa potong gaji, surat keterangan belum memiliki rumah, dan copy buku tabungan atau rekening koran 3 bulan terakhir,” paparnya.

Selanjutnya, membeli formulir sebesar Rp 1 juta, kemudian menandatangani terlebih dahulu surat pemesanan rumah, dan memiliki gaji pokok Rp 3 juta dan maksimal Rp 4 juta sesuai dengan ketentuan program subsidi FLPP.

Kemudian untuk melengkapi persyaratan pengajuan KPR Sejahtera FLPP ke Bank Pelaksana atau pemberi kredit sekaligus pembayaran uang muka, Bank pelaksana subsidi ini di antaranya BTN, BNI, BRI, Bank Mandiri, Bank Artha Graha, Bank Mayora, BTN Syariah, dan BRI Syariah. Setelah itu harus menandatangani akad KPR sejahtera FLPP hingga akhirnya boleh menempati rumah.